Kompas TV video vod

Perkembangan Digitalisasi Makin Nyaring, SDM Berbasis Teknologi Kian Dicari

Kompas.tv - 17 Maret 2022, 13:00 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV – Digitalisasi gaungnya makin nyaring di Indonesia. Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate berbicara mengenai transformasi digital dalam Forum Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 Indonesia tahun 2022.

Menurut Johnny, pemerintah Indonesia akan menjembatani diskusi dan berbagi pengalaman antarnegara anggota G20 di bidang ekonomi melalui transformasi digital.

“Kita harapkan Indonesia mampu menjadi promotor prinsip-prinsip dan nilai-nilai dasar serta mampu melahirkan legacy yang konkret di bidang ekonomi digital nasional maupun ekonomi digital global," kata Johnny dukutip dari keterangan resminya pada Rabu (16/3/2022).

Baca Juga: Digitalisasi Ekonomi Kreatif, Transformasi UMKM - ZONA INSPIRASI

Selain itu, dalam rangka meningkatkan pembelanjaan UMKM, pemerintah meluncurkan platform E-Katalog pada 24 Maret mendatang.

E-Katalog merupakan aplikasi belanja online yang dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Hal itu disampaikan oleh Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat menghadiri Kick-off Meeting pertemuan Menteri G20 bidang Ekonomi Digital oleh Kemeninfo (15/03).

Ketua Tim Pelaksana Dewan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Nasional (Wantiknas) Ilham Habibie mengatakan, pemanfaatan digitilisasi di Indonesia cukup gencar.

Kerena itu menurut Ilham teknologi digitalisasi digunakan bukan hanya untuk konsmutif tetapi membuat masyarakat lebih produktif.

Lalu bagaimana kontinuitasnya ke depan? Apakah sumber daya manusia Indonesia cukup untuk memenuhi perkembangan digital?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x