Kompas TV video sinau

Kenali Beragam Khasiat Susu Unta, Apa Saja?

Kompas.tv - 10 Maret 2022, 20:28 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Dalam budaya Asia, Timur Tengah, dan Afrika susu unta telah dikonsumsi selama berabad-abad. Mengutip WebMD Setiap tahun sekitar 5,3 juta ton susu unta diproduksi di seluruh dunia.

Kandungan nutrisi dalam susu unta juga sangat kaya, termasuk protein yang bisa bertindak seperti insulin. Sehingga baik untuk menurunkan kadar gula darah, juga meningkatkan sensivitas insulin untuk penderita diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Selain itu, apa saja khasiat susu unta? Simak ulasan berikut, yang melansir dari berbagai sumber :

  • Berdasarkan penelitian yang bertajuk  “Medicinal values of bioactive constituents of camel milk: A concise report” dalam International Journal of Health Sciences tahun 2017, susu unta mengandung aktoferin dan imunoglobulin, yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Nutrisinya lebih dari susu sapi, dalam 250 ml susu unta, terkandung, 107 kalori, 5,4 gram protein, 4,6 gram lemak, 3 gram lemak jenuh, 11 gram karbohidrat, dan 8 gram gula.
  • Susu unta rendah laktosa dan kasein karena susu unta tidak memiliki protein alergen yang  ditemukan dalam susu lain. Maka baik untuk alternatif orang dengan itoleransi laktosa.
  • Melansir Camel Culture susu unta baik untuk kesehatan kulit, dipercaya mampu melindungi dari sinar matahari. Karena mengandung asam alfa hidroksi (AHA) yang  membantu mengelupas kulit mati serta memungkinkan pergantian dan pembaruan sel kulit baru.
  • Mampu menggantikan berbagai jenis susu, rasanya manis cenderung asin. Maka bisa langsung diminum, dicampurkan dengan kopi, teh, adonan kue, saus, sup, dan makanan lainnya layaknya susu sapi

Baca Juga: Benarkah Infeksi Paru-paru Bisa Dibersihkan dengan Rutin Minum Susu? Ini Penjelasannya

Editor Video & Grafis: Arief Rahman 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x