Kompas TV video vod

Polisi Gagalkan Penyelundupan 9 Penyu Hijau dari Bali

Kompas.tv - 19 Februari 2022, 13:21 WIB

JEMBRANA, KOMPAS TV - Kepolisian dari Polres Jembarana Bali gagalkan penyelundupan sembilan ekor penyu pada Sabtu (19/2).

Video amatir memperlihatkan proses pengamanan sembilan ekor penyu selundupan.

Penyu-penyu tersebut merupakan jenis penyu hijau dengan berbagai ukuran dan usia, beberapa di antaranya bahkan berusia puluhan tahun.

Baca Juga: Berebut Minyak Goreng Murah, Disperindag Lampung Berencana Akan Gelar Operasi Pasar Door To Door

Polisi menyebut bahwa penyu-penyu tersebut hendak diselundupkan dan dibawa menggunakan perahu melalui jalur laut selatan Bali.

Pelaku merupakan warga asal Banyuwangi, Jawa Timur. 

"Kita amankan sembilan ekor penyu yang kemudian kita koordinasikan dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam, yang kemudian kita titipkan di Prancak untuk kita cek kesehatannya," ujar Kapolpres Jembrana AKBP Dewa Gede Juliana.

"Kondisi penyu itu semua sehat tetapi nanti ada tim yang berkompeten untuk mengecek hal itu, dan kebetulan 9 ekor penyu tersebut berjenis penyu hijau. Seperti kita ketahui penyu hijau adalah primadonanya dari penyu," ujar Wayan Anom Astika Jaya, Aktivis Pelestari Penyu.

Polisi masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait temuan tersebut. Penyu akan dirawat sementara sebelum nantinya dilepasliarkan.

Video Editor: Androw Parama



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x