Kompas TV video vod

Alasan Adik Prabowo Tak Akan Jual Lahan di Kaltim Untuk IKN

Kompas.tv - 8 Februari 2022, 22:12 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam konferensi pers virtual Adik dari Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto blak-blakan menjawab berbagai pertanyaan terkait lahan miliknya di Kalimantan Timur.

CEO Arsari Group Hashim Djojohadikusumo menegaskan bahwa tak akan menjual lahan miliknya ke pemerintah.

“Saya tidak ada menjual atau memberikan ke pemerintah, saya sudah memberikan ke negara 93 ribu hektare 8 tahun lalu. Saya merasa tidak punya kewajiban untuk menyerahkan lagi, waktu itu memberikan tanpa ada kompensasi,itu kewajiban saya tahun 2013.” ucap Hashim Djojohadikusumo, Selasa (8/2/2022).

Hashim yang memiliki lahan seluas kurang-lebih 173 ribu hektare, mengaku waktu dibeli baru seluas120 hektare dan merupakan hutan rusak.

Baca Juga: Adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo Bantah Dapat ‘Jatah’ Proyek IKN

“Sisanya 50 ribu hektare masih bagus, saya merawat dan saya menjaga sebagai tempat konservasi,”ucapnya.

Lebih lanjut Hashim menegaskan ada salah paham, bahwa ibu kota baru itu hampir semuanya akan dibangun di lahan yang tidak termasuk hutan miliknya.

“Saya mau jelaskan, mungkin masih ada salah paham, ibu kota baru itu hampir semuanya akan dibangun di lahan yang tidak termasuk hutan saya. Ada sedikit sebagai penyangga tapi memang itu rencana, tapi hampir semuanya itu terletak di wilayah yang dimiliki oleh HTI hutan tanaman industri yang namanya IPCI hutan manunggal, IHM,”tegas Hashim.

Video Editor: Novaltri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x