Kompas TV video sinau

Ketahui Efek Tidur Setelah Berolahraga Bagi Tubuh, Apa Saja?

Kompas.tv - 26 Desember 2021, 17:00 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Beraktivitas fisik seperti olahraga dapat meningkatkan energi dan membuat tubuh lebih waspada. Namun, beberapa gerakan dalam olahraga bisa jadi melelahkan sehingga menimbulkan rasa kantuk

Lalu, bolehkah langsung tidur setelah berolahraga?

Setiap orang merasakan efek berbeda usai berolahraga, tergantung kondisi tubuh masing-masing. Umumnya, merasa lelah usai berolahraga adalah hal yang wajar, terutama setelah melakukan olahraga dengan intensitas tinggi.

Rasa kantuk usai berolahraga bisa disebabkan oleh respons alami tubuh, karena tubuh menghabiskan banyak energi untuk beraktivitas fisik.

Namun, mengantuk setelah sesi latihan bisa menandakan kita berolahraga secara berlebihan, sehingga tubuh perlu istirahat dan relaksasi setelah berolahraga.

Baca Juga: 4 Olahraga yang Cocok untuk Kaum Rebahan, Salah Satunya Berjoget

Ada beberapa dampak tidur setelah olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan, di antaranya mengurangi kelelahan fisik, meningkatkan kewaspadaan mental, serta mendukung pemulihan otot.

Hal ini dikarenakan saat tidur, kelenjar pituitari melepaskan hormon pertumbuhan yang diperlukan otot untuk memperbaiki dan membangun jaringan.

Namun, tidur setelah berolahraga juga memiliki efek samping seperti menyebabkan sulit tidur, menurunkan kualitas tidur, hingga peningkatan detak jantung jika tertidur dalam waktu yang lama.

Penurunan kualitas tidur terjadi karena olahraga meningkatkan endorfin dan suhu tubuh, sehingga membuat otak dan tubuh tetap terjaga dan menyebabkan sulit tidur.

Dilansir dari Healthline, sebaiknya atur waktu tidur selama 20 menit saja setelah olahraga, karena tidur terlalu lama setelah olahraga dapat memicu kondisi sleep inertia saat terbangun dari tidur.

(*)

Grafis: Agus Eko



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x