Kompas TV video sinau

Fakta Menarik Padang Pasir Utah yang Mirip Planet Mars

Kompas.tv - 25 Desember 2021, 19:00 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV – Ada berbagai tempat unik di seluruh belahan bumi yang menarik untuk diketahui. Tak jarang, kenampakan alam dari tempat-tempat unik ini disebut mirip dengan kondisi di luar Bumi.

Salah satunya yaitu Padang Pasir Utah, yang diketahui merupakan kawasan yang paling mirip dengan Planet Mars.

Lokasinya berada di Utah, negara bagian Amerika Serikat. Terletak di antara Idaho, Colorado, Arizona, dan Nevada, padang pasir Utah memiliki 3 wilayah geografis utama.

Ketiga wilayah tersebut antara lain Pegunungan Rocky, Wilayah Cekungan dan Punggungan, dan Dataran Tinggi Colorado.

Padang pasir Utah terdiri dari pegunungan, ngarai, dan lembah, dengan warna merah yang disumbang oleh Dataran Tinggi Colorado.

Warna merah tersebut menjadikan padang pasir Utah jadi salah satu dari empat lokasi di Bumi yang sangat mirip dengan kondisi di Planet Mars atau Planet Merah.

Baca Juga: Unik! Ada Hotel Mewah di Tengah Gurun, Seperti Ini Desainnya

Melansir Bobo.id, para arkeolog telah mengetahui bahwa padang Utah sudah mulai ditinggali manusia sejak 12.000 tahun yang lalu.

Utah yang pernah diakui sebagai wilayah kepemilikan Meksiko, menjadi negara bagian ke-45 Amerika Serikat pada 1896.

Nama Utah dalam sejarah dikatakan berasal dari sebutan Spanyol kepada suku Ute di Amerika. Ada juga yang menyebutkan Utah berasal dari bahasa Ute yaitu yutah, yang artinya 'penduduk'.

Selain punya kondisi alam yang mirip Planet Mars, ada hal menarik lainnya yang bisa dijumpai di padang pasir Utah, salah satunya rusa Rocky yang sering berkeliaran di Pegunungan Rocky.

Di sisi lain, Dataran Tinggi Colorado mencakup area seluas 337.000 kilometer persegi yang sebagian besar terdiri dari gurun.

Ada juga tempat tertinggi di Utah, yaitu Monumen Nasional Grand Staircase-Escalante yang menjulang setinggi sekitar 1.675 meter.

(*)

Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x