Kompas TV video sinau

Serba-serbi Shuttlecock Bulu Tangkis, Berapa Jumlah Bulunya?

Kompas.tv - 9 Desember 2021, 19:30 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Shuttlecock atau kok adalah salah satu kelengkapan utama dalam permainan bulu tangkis, yang juga membuat pemain bisa memperoleh angka dan mencapai kemenangan.

Kok bulu tangkis merupakan rangkaian bulu yang dirakit seperti kerucut dengan ujung kepala shuttlecock yang terbuat dari gabus.

Dulunya shuttlecock dibuat dari bulu ayam atau angsa. Namun, kini bahan tersebut bisa digantikan dengan bahan sintetis lain yang punya karakteristik serupa

Lalu, tahukah kamu berapa jumlah bulu di shuttlecock?

Meski dapat dijumpai secara bebas, namun Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) ternyata menetapkan standar internasional dari shuttlecock.

Baca Juga: Ikut Tanding Bulu Tangkis, Jokowi Apresiasi Keberhasilan Tim Piala Thomas

Seperti dikutip dari laman resmi BWF, ukuran kok bulu tangkis memiliki diameter sekitar 25 hingga 28 milimeter, dengan berat yaitu sekitar 4,75 hingga 5,5 gram.

Adapun jumlah bulu kok yang dipakai untuk pertandingan resmi yaitu 16 bulu yang digabung secara melingkar dan tertancap pada bagian kepala shuttlecock.

Masing-masing helai bulu kok sendiri memiliki panjang 62 hingga 70 milimeter, dan ujung dari gabungan seluruh bulu harus membentuk lingkaran dengan panjang diameter antara 58 hingga 68 milimeter.

Pada umumnya karakter shuttlecock berbahan alami lebih disukai, karena mampu mengarah lebih tepat dibandingkan dengan yang berbahan sintetis.

Selain itu, kok berbahan alami dapat melaju secara mendatar usai dipukul dan mampu mencapai kecepatan lebih tinggi.

Baca Juga: Hasil BWF World Tour Finals 2021: Minions Raih Gelar Runner-up, Hoki/Kobayashi Juara

(*)

Grafis: Arief Rahman




Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x