Kompas TV video sinau

Fitur Baru PeduliLindungi Manfaatkan Chatbot WA untuk Layanan Aduan Seputar Vaksinasi

Kompas.tv - 13 November 2021, 11:00 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menambah fitur baru untuk aplikasi PeduliLindungi berupa chatbot WhatsApp.

Fitur ini digunakan untuk melayani pengaduan, perbaikan dan penyesuaian data seputar vaksinasi Covid-19 seperti mendownload sertifikat vaksinasi, melihat status vaksinasi, serta mengubah info atau data diri.

Layanan pengaduan bagi masyarakat ini sebelumnya diarahkan ke email [email protected] atau call center 119 exit 9.

Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Setiaji mengatakan, fitur ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat terkait aduan seputar vaksinasi Covid-19

"Chatbot PeduliLindungi ini untuk meningkatkan literasi dari pengguna maupun kami. Khusus dalam rangka mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan sertifikat dan perbaikan info diri," ujar Setiaji seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Catat, Ini Cara Mudah Daftar Vaksinasi Covid-19 Melalui PeduliLindungi

Layanan chatbot PeduliLindungi memakai nama resmi KemenkesRI dengan centang hijau, yang dapat diakses dengan menghubungi melalui WhatsApp pada nomor 081110500567.

Kemudian, untuk proses verifikasi dan keamanan data, pengguna akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi dan kode OTP terlebih dahulu.

Selanjutnya, menu Download Sertifikat, Status Vaksinasi, dan Ubah Info Diri akan tampil. Pilih layanan yang akan diakses, lalu masukkan nama sesuai pendaftaran vaksinasi dan NIK.

Chatbot PeduliLindungi dapat diakses 24 jam oleh masyarakat, serta didesain dengan proses verifikasi dan tingkat keamanan end to end encryption dengan standar internasional dari WhatsApp.

Hal ini dimaksudkan pada saat mengirim pesan sudah terenkripsi sehingga data privasi dari pengguna akan tetap terjaga.

(*)

Grafis: Arief Rahman



Sumber : Kemenkes RI, Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x