Kompas TV video sinau

Apa itu Aquaplaning? dan Bahayanya bagi Kendaraan

Kompas.tv - 6 November 2021, 17:07 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Ketika sedang melaju di jalan, mengemudi di permukaan jalan yang kering, rasanya pasti berbeda. Dibandingkan dengan di permukaan jalan yang basah. Apalagi ketika melewati jalan yang tergenang air. Permukaan jalan yang tergenang air, sangat berbahaya jika dilewati kendaraan dengan kecepatan tinggi. Kendaraan rentan mengalami aquaplaning, apa itu aquaplaning?

Aquaplaning adalah  ketika ban mobil kehilangan cengkraman saat melewati genangan air dengan kecepatan tinggi. Mudahnya, ban mobil sudah tidak menyetuh aspal, justru menempel pada permukaan air. Aquaplaning membuat mobil hilang kendali dan kecelakaan.

Melansir berbagai sumber, faktor yang meningkatkan risiko aquaplaning adalah, ban kurang tekanan udara dan penempatan ban yang keliru.

Melansir Kompas.com ketika melaju di jalan tol atau jalan raya,mobil pasti mengalami aquaplaning hanya saja masih terkendali. “Kadang pengemudi tidak peka sehingga sering meremehkan sampai benar-benar terjebak aquaplaning dan berujung kecelakaan,” ujar Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia dilansir dari,  Kompas.Com dengan artikel berjudul mengenal Apa itu Aquaplaning dan Faktor Penyebabnya, 12/06/2021, 08:42 WIB.

Maka baiknya, ketika terpaksa bekendara saat hujan, tetap melaju dengan kecepatan rendah, dan tetap waspada. Dengan keadaan sekitar kendaraan agar terhindar dari risiko kecelakaan.

Baca Juga: Pengemudi Wajib Tahu, Ini Aturan dan Larangan Berkendara di Jalan Tol

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x