Kompas TV video sinau

Siapa Manusia Tercepat di Bumi?

Kompas.tv - 28 Oktober 2021, 17:56 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Manusia punya otot, tulang, dan sendi yang memungkinkan untuk bergerak. Salah satu gerakannya, adalah berlari. lantas, seberapa cepat manusia berlari? Menyadur Kompas.com kecepatan mekanis, dibatasi oleh interaksi mekanis, antara fase berdiri dan ayunan langkah.

Jadi, gerakan kaki yang cepat saja, tak cukup untuk mencapai batas kecepatan. Untuk mencapai batas kecepatan juga dibutuhkan kecepatan ayunan kaki, mulai dari berdiri, menolak, berada di udara, dan juga kembali berdiri.

Diperkirakan, batas biologi seseorang mampu berlari sekitar 56,33 kilometer per jam hingga 64,37 kilometer per jam. Tapi semua tergantung dari kekuatan otot, panjang langkah, kecepatan ayunan kaki,  gaya kontak dengan udara.Kemudian cara mengayunkankaki, dan kondisi fisik tiap orang.

Siapakah manusia tercepat di dunia? Melansir Kompas,com sprinter tercepat di dunia adalah, Usain Bolt. Dia mampu menempuh jarak 100 meter dalam waktu 9,46 detik . Artinya ia berlari dalam kecepatan 10,57 meter per detik. Hal ini membuat Usain Bolt memegang rekor dunia sebagai pria sekaligus manusia tercepat. 

Baca Juga: Sulit Bangun Pagi? Ternyata Olahraga Sore Juga Baik Bagi Tubuh, Ini Penjelasannya

https://www.kompas.tv/article/220369/sulit-bangun-pagi-ternyata-olahraga-sore-juga-baik-bagi-tubuh-ini-penjelasannya 

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x