Kompas TV klik360 sinau

Sulit Bangun Pagi? Ternyata Olahraga Sore Juga Baik Bagi Tubuh, Ini Penjelasannya

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 07:15 WIB

KOMPAS.TV – Berolahraga secara rutin dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Namun bagi sebagian orang, bangun lebih pagi untuk menyempatkan waktu berolahraga adalah hal yang sulit.

Lalu, kapan waktu berolahraga yang baik selain di pagi hari?

Sebuah studi yang dipublikasikan di Physiological Reports menunjukkan bahwa olahraga sore memberikan hasil yang lebih baik untuk sebagian orang.

Dikutip dari CNN, studi tersebut mengamati pria berisiko atau didiagnosis menderita diabetes tipe 2.

Peserta studi yang berolahraga di sore hari mengalami lebih banyak manfaat metabolisme dibandingkan peserta yang berolahraga pagi hari.

Tak hanya itu, olahraga sore hari juga memiliki lebih banyak efek positif pada kinerja olahraga dan massa lemak. Peserta penelitian mengalami proses pembakaran lemak yang lebih optimal di sore hari.

Selain itu, suhu tubuh yang cenderung lebih tinggi di sore hari juga dapat membantu kinerja otot. Di sisi lain, asupan makanan juga dinilai berperan dalam proses pembakaran lemak.

Kebiasaan untuk tidak mengonsumsi camilan di sore hari, dan menghindari makan larut malam dapat berdampak besar pada berat badan serta kesehatan.

Seperti diungkapkan peneliti studi dan profesor aspek metabolek diabetes tipe 2 di Maastricht University Belanda, Patrick Schrauwen, tubuh memiliki jam biologis yang mengatur banyak proses dalam tubuh.

"Jam biologis kita juga mempengaruhi metabolisme dan apakah tubuh kita membakar lemak atau karbohidrat pada waktu-waktu tertentu," ujar Schrauwen.

Melansir Healthline, studi lain menyebutkan berolahraga di sore hari dapat mengurangi kemungkinan cedera sekaligus meningkatkan kinerja.

Hal ini karena sore hari merupakan waktu ketika detak jantung dan tekanan darah paling rendah.

Konsisten berolahraga di waktu tertentu membuat tubuh beradaptasi, dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Baca Juga: Bacaan Doa ketika Berolahraga agar Badan Sehat Sekaligus Berkah

(*)

Grafis: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya

Sumber : diolah dari berbagai sumber



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:01
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19