Kompas TV video sinau

Fakta Menarik Bahasa Indonesia, Punya Ratusan Juta Penutur dan Keunikan Ejaan Angka

Kompas.tv - 28 Oktober 2021, 07:30 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan seperti yang tertuang dalam teks Sumpah Pemuda. Hari Sumpah Pemuda sendiri jatuh pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, simak beberapa fakta menarik Bahasa Indonesia berikut ini:

1. Dipelajari di puluhan negara

Melansir Kemendikbud Ristek, per Juli 2021, tercatat sudah ada 30 negara, 76 lembaga, dan 7.683 orang yang mempelajari bahasa Indonesia.

Sementara itu, dikutip dari akun Instagram program BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing), Bahasa Indonesia dipelajari di 5 universitas terkemuka di dunia seperti Yale University, Amerika Serikat hingga Al-Azhar University, Mesir.

2. Masuk daftar paling banyak digunakan di dunia

Indonesia merupakan negara dengan jumlah populasi penduduk terpadat di dunia pada urutan keempat.

Berdasarkan fakta tersebut, Ethnologue pada 2020 memasukkan Bahasa Indonesia dalam daftar bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, dengan lebih dari 200 juta penutur.

Selain itu, Bahasa Indonesia jadi satu-satunya bahasa dari keluarga Austronesian, yang termasuk dalam peringkat 10 besar daftar tersebut.

3. Keunikan ejaan angka

Bahasa Indonesia memiliki keunikan ejaan angka, yaitu setiap angka yang mempunyai huruf awal yang sama akan berjumlah 10 apabila ditambahkan.

Misalnya, satu dan sembilan yang sama-sama berhuruf depan S, bila dijumlahkan menjadi 10.

4. Penuturnya punya lidah paling fleksibel

Penutur asli Bahasa Indonesia dinilai punya kecenderungan lidah yang lebih fleksibel, salah satunya karena logat dan bunyi penutur bahasa indonesia yang terdengar beragam.

Hal ini membuat orang Indonesia lebih mudah mempelajari dan berkomunikasi dengan bahasa asing tanpa terdengar jelas logat aslinya.

Baca Juga: Sumpah Pemuda: Didik Rakyat dengan Pergerakan, Didik Penguasa dengan Perlawanan

(*)

Grafis: Agus Eko



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x