Kompas TV video sinau

Sering Merasa Lelah Saat Bangun Tidur? Ternyata Ini Penyebabnya

Kompas.tv - 3 Oktober 2021, 12:22 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Saat tidur, tubuh melakukan perbaikan pada sel-sel yang rusak karena lelah untuk mengembalikan kondisi kebugaran.

Namun tak jarang, tubuh tetap merasa lelah meski telah tidur selama 7-8 jam semalaman.

Lalu, apa penyebab rasa lelah saat bangun tidur? Melansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah penjelasannya:

1. Kurang tidur dan gangguan tidur

Kurang tidur bisa memicu inersia tidur, yaitu gangguan kognitif dan kinerja motoric yang membuat seseorang merasa belum sepenuhnya siap untuk terbangun dari tidur.

Selain itu, inersia tidur juga dapat diperburuk oleh gangguan tidur akibat kerja shift, sleep apnea obstruktif, dan beberapa jenis gangguan tidur ritme sirkadian.

2. Lingkungan tidur yang buruk

Kondisi kasur ternyata bisa jadi penyebab rasa lelah setelah bangun tidur. Penelitian menunjukkan kasur yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk adalah pilihan terbaik.

Di sisi lain, suhu ruangan juga mempengaruhi kualitas tidur. Terlalu kepanasan atau kedinginan dapat menyebabkan kegelisahan dan membuat sulit tidur.

Untuk itu, menjaga suhu kamar tidur secara optimal dapat membantu kualitas tidur.

3. Pola tidur yang buruk

Membayar utang tidur saat hari libur merupakan kebiasaan buruk. Hal ini disebabkan perubahan rutinitas tidur akan memicu gejala kelelahan seperti jet-lag, mudah mengantuk, dan kebingungan.

Alih-alih membayar utang tidur, jika merasa waktu tidur tidak tercukupi, coba untuk tidur siang selama 20 menit setiap harinya.

4. Kebiasaan makan dan minum

Terlalu banyak konsumsi kafein dekat dengan waktu tidur dapat membuat lebih sulit untuk tertidur. Tak hanya kafein, minum alkohol sebelum tidur juga dapat menyebabkan gangguan pada tidur REM.

Selain itu, makan malam yang terlalu banyak mengandung gula dan karbohidrat menyebabkan kadar gula darah meningkat dan menyebabkan gangguan saat tidur.

Baca Juga: Kerap Ditanyakan, Ini Lama Waktu yang Dianjurkan untuk Tidur Siang

(*)

Grafis: Joshua Victor




Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x