Kompas TV video sinau

Kenapa Roda Pesawat Sangat Kecil

Kompas.tv - 18 September 2021, 18:18 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Kalau diperhatikan secara detail, ukuran roda pesawat sangat kecil. Berbeda jauh dengan ukuran pesawat yang besar. Sekilas dilihat seperti tidak seimbang, dan apakah kuat menopang ukuran pesawat yang besar? Baik dengan penumpang atau saat pesawat dalam keadaan kosong. Roda pesawat sebenarnya sama ukurannya dengan roda mobil. Sebesar setengah badan dari manusia.

Faktanya terdapat perbedaan yang signifikan yaitu, roda pesawat diisi gas enam kali lebih besar dari tekanan gas daripada mobil. Roda pesawat juga lebih lentur dari roda mobil.

Melansir dari berbagai sumber, roda pesawat didesain khusus seperti itu supaya bisa menahan beban berat pesawat. Roda yang kecil juga membantu pesawat bergerak dengan leluasa di landasan.

Ketika bergerak di landasan, pesawat bergerak dengan kecepatan mencapai sekitar 300 kilometer per jam. Roda yang kecil ini, juga memengaruhi rasa nyaman penumpang di dalamnya. Roda yang lebih lentur daripada roda mobil ini bisa membuat lebih nyaman saat pesawat mendarat. 

Baca Juga: Profil Pesawat Rimbun Air PK-OTW Berjenis Twin Otter yang Hilang Kontak di Papua

https://www.kompas.tv/article/212276/profil-pesawat-rimbun-air-pk-otw-berjenis-twin-otter-yang-hilang-kontak-di-papua 

Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x