Kompas TV video sinau

Perlu Disadari Dunia Maya Tidak Sepenuhnya Maya

Kompas.tv - 21 Agustus 2021, 18:23 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Tidak ada yang dapat menghambat seseorang. Untuk bebas dalam berkreativitas di dunia maya. Kini segalanya bisa memiliki dan membuat konten. Baik itu yang memang professional di bidangnya atau hanya sekadar mengikuti tren, namun perlu disadari bahwa konten yang dibagikan, atau ketika membuat sebuah konten. Baiknya disaring dengan ketat secara pribadi. Ada sebuah aksi yang perlu benar-benar dilaksanakan dan dipahami, yaitu gerakan saring sebelum sharing. Artinya ketika anda mendapat sebuah konten yang masuk ke telepon pintar anda, perlu dipastikan dulu dari mana sumbernya. Jangan mudah terprovokasi, dan jangan mudah terlena dengan apa yang ada di dunia maya. Sebab dunia maya tak sepenuhnya maya. Ingat! Dibalik akun media sosial itu, juga ada orang yang hidup di dunia nyata, termasuk anda.

Maka hindari unggahan yang berhubungan dengan : masalah pribadi, mengandung SARA, body shaming, ikut campur urusan orang lain, memberitahukan informasi pribadi. Perhatikan pula pakaian ketika membuat video atau foto untuk unggahan media sosial.

Mari menjadi warganet yang baik, sampaikan pendapat dengan baik dengan meninggalkan jejak digital yang positif. Hindari mengunggah konten yang dapat memberikan konten negatif, terutama untuk kemajuan karier anda. Karena konten yang anda unggah di media sosial, secara tidak langsung mencerminkan kepribadian anda. 

Baca Juga: Detektif Swasta Ungkap Banyak Pria Berbohong dan Mencari Mangsa di Media Sosial

https://www.kompas.tv/article/203579/detektif-swasta-ungkap-banyak-pria-berbohong-dan-mencari-mangsa-di-media-sosial 

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x