Kompas TV video sinau

Mengenal Samudra Selatan, Samudra Kelima yang Ada di Dunia

Kompas.tv - 20 Juli 2021, 18:30 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Samudra di dunia kini tak lagi cuma empat, yakni Hindia, Pasifik, Atlantik, dan Arktik. Samudra di dunia sekarang berjumlah lima.

Pada peringatan Hari Laut Sedunia, 8 Juni 2021, National Geographic secara resmi memperkenalkan Samudra Selatan atau Southern Ocean sebagai samudra kelima di dunia.

Samudra Selatan disebut juga Samudra Antartika, karena letaknya yang mengelilingi Antartika di bagian selatan Bumi.

Samudra ini memiliki luas 21.960.000 kilometer persegi, atau setara dengan 20 persen luas samudera yang ada di Bumi.

Samudra Selatan mengelilingi daratan Antartika, dan membentang mulai dari pantai di Antartika hingga perairan di bawah 60 derajat Lintang Selatan.

Perairan ini memiliki kedalaman rata-rata 3.270 meter, dengan kedalaman maksimum adalah 7.432 meter.

Samudra Selatan merupakan satu-satunya samudra yang menyentuh tiga samudra lainnya, dan sepenuhnya mengelilingi sebuah benua, ketimbang dikelilingi oleh benua.

Hal ini menyebabkan kawasan perairan Samudra Selatan disebut memiliki kadar rasa asin lebih rendah dari lautan lain di dunia.

Samudra Selatan juga disebut memiliki dampak penting pada iklim bumi, karena arusnya membantu menjaga Antartika tetap dingin.

Selain itu, Samudra Selatan merupakan rumah bagi ekosistem unik yang rapuh seperti penguin Kaisar (Aptenodytes forsteri), anjing laut Weddell (Leptonychotes weddellii) dan ribuan organisme unik lainnya yang tidak hidup di tempat lain di dunia.

Wilayah ini juga menjadi tempat paus bungkuk (Megaptera novaeangliae) yang bermigrasi ke Samudra Selatan untuk mencari makan dan menggemukkan tubuhnya sebelum menuju utara lagi.

Tambahan samudra terbaru ini akan memengaruhi gambar-gambar peta dunia yang akan dibuat National Geographic ke depannya.(*)

Grafis: Arief Rahman



Sumber : National Geographic, kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x