Kompas TV video cerita indonesia

Menikmati Pemandangan Sungai Gajah Wong Dari Dermaga Cinta

Kompas.tv - 22 Mei 2021, 16:51 WIB
Penulis : Herwanto

JOGJAKARTA, KOMPAS.TV - Aliran Sungai Gajahwong di Kampung Ponggalan, Karangmiri, dan Mrican, Kelurahan Giwangan, kini menjadi lokasi wisata alternatif. Dua kapal beratap seng dan rumbia disediakan untuk mengantarkan pengunjung menjelajahi Sungai Gajahwong sepanjang satu kilometer.

Tepian sungai telah dibersihkan, dirapikan dengan paving block, menjadi lokasi berdirinya gazebo, warung, toilet, area parkir, dan sejumlah spot foto dengan bingkau bambu dan latar belakang sungai yang bersih. Tempat itu dinamai Wisata Air Taman Pleredhan Kali Gajahwong.

Di siang pada hari kerja, tampat itu sepi. Satu-dua warga beristirahat di gazebo. Beberapa pemancing mengulurkan jorannya menunggu umpannya disambar ikan. Pemerintah Kota Jogja secara periodik menyebar bibit ikan di Gajahwong sehingga banyak pemancing yang datang.

Di sungai, beberapa orang menambang pasir dengan serok agar dasar sungai tetap dalam sehingga aman untuk perjalanan kapal, minimal setengah meter. Namun, jika terlalu sering, penambangan bisa merusak beronjong pengaman talut. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x