Kompas TV video cerita indonesia

Bekal Saat Bebas, Lapas Beri Keterampilan Membuat Gazebo Bagi Para Napi

Kompas.tv - 18 Maret 2021, 21:32 WIB
Penulis : Theo Reza

BITUNG, KOMPAS.TV - Lapas Kelas II B, Bitung, Sulawesi Utara memberikan pelatihan keterampilan bagi warga binaan sebagai bekal kemandirian saat bebas dan kembali berbaur di masyarakat.

Puluhan napi atau warga binaan yang sedang menjalani sisa masa hukuman di lapas kelas II B Bitung ini diberi pelatihan dan keterampilan oleh Balai Latihan Kerja, BLK Sulawesi Utara.

Mereka diajari cara membuat gazebo dan berbagai keterampilan lain guna menjadi bekal bagi napi saat mereka bebas nanti dan kembali berbaur di tengah masyarakat agar lebih mandiri.

Sebanyak 32 warga binaan kini mampu membangun gazebo yang bernilai ekonomis dan dapat menjadi sumber pendapatan bagi lapas guna menunjang biaya pelatihan dan keterampilan bagi para warga binaan lainnya.

Dalam sepekan, warga binaan di Lapas ini mampu menyelesaikan satu hingga dua unit gazebo yang nantinya bisa dipakai dan dipasarkan di luar lapas.

Hasil dari penjualan gazebo ini nanti akan digunakan untuk membeli bahan baku agar dapat memproduksi lebih banyak gazebo.

Selain pelatihan pembuatan gazebo, para napi juga dibekali keterampilan pengelasan, kelistrikan, pembuatan neon box, face shield dan juga meracik pembuatan hand sanitizer melalui pendampingan instruktur-instruktur dari BLK.

Video Editor: Agung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x