Kompas TV video cerita indonesia

[FULL] Hasil Penyelidikan Sementara Komnas HAM Terkait Tewasnya 6 Orang Anggota FPI

Kompas.tv - 28 Desember 2020, 14:34 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Komnas HAM menegaskan hingga kini belum ada kesimpulan terkait tewasnya 6 orang anggota FPI di Km 50 setelah bentrok dengan polisi.

Komisioner Komnas HAM Chairul Anam menyebut, saat ini pihaknya masih mengumpulkan data-data pendukung terkait kejadian tersebut.

"Kami belum pernah mengambil kesimpulan apapun. Jadi kalau ada berita begitu kami pastikan itu hoaks. Ahli dan forensik saja belum kami lakukan," kata Choirul Anam di Kantor Komnas HAM saat memberikan konferensi pers di Jakarta Pusat, Senin (28/12/2020).

Baca Juga: Hari Ini Komnas HAM Beberkan Temuan Penembakan 6 Laskar FPI

Komisioner Komnas HAM Amiruddin menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan investigasi terkait kejadian tersebut. Dari hasil investigasi tersebut, Komnas HAM menemukan sejumlah barang bukti.

“Didapatkannya proyektil peluruh, bentuknya sudah, dan juga selongsong, ini didapati oleh tim Komnas HAM di lapangan, di jalanan” kata Amiruddin saat memberikan keterangan pers (28/12/2020).

“Selain itu juga kita dapatkan semacam serpihan atau pecahan dari bagian mobil yang kita duga saling serempetan”, tambahnya.

Untuk menganalisa temuan-temuan tersebut, Komnas HAM akan melibatkan ahli untuk bekerja sama.

Keterangan dari ahli tersebut dibutuhkan untuk dapat menyimpulkan kejadian yang terjadi di Km 50 tersebut.

“terhadap ini bukti-bukti ini semua terutama selongsong dan proyektil, kami membutuhkan ahli nantinya untuk mengujinya”, pungkasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x