Kompas TV video cerita indonesia

Jokowi Resmi Buka MTQ Nasional ke-28 di Padang

Kompas.tv - 15 November 2020, 06:20 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo resmi membuka acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional ke-28 tahun 2020 secara virtual, yang digelar di Kota Padang, Sumatera Barat.

Jokowi menyebut, MTQ merupakan salah satu vsts untuk membumikan ajaran Alquran serta menegakkan syiar Islam dalam memperkuat nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

Tak hanya itu, menurutnya Alquran merupakan sebagai pedoman hidup bagi kaum muslimin.

"Bagi kaum muslimin, Alquran merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa berisi nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang hanif. Alquran mengajak semua manusia untuk bekerja sama dalam ketakwaan dan kebaikan," ujar Jokowi dalam video yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden pada Sabtu malam, 14 November 2020.

Baca Juga: Gelaran MTQ Tingkat Desa di Kubu Raya Terapkan Protokol Kesehatan

Jokowi menambahkan, MTQ tak hanya sekedar membaca Alquran yang diperlombakan.

Lebih dari itu, MTQ adalah salah satu cara untuk membumikan Alquran di tengah masyarakat, serta mengedukasi umat untuk semakin mencintai agama.

"Dengan demikian, MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Alquran tapi jalan untuk mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Alquran, meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, dan yang juga sangat penting, sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimat," tambahnya.

MTQ 2020 ini akan menampilkan qari dan qariah, hafiz dan hafizah, mufassir dan mufassirah terbaik dari seluruh Indonesia.

Mereka semua siap berkompetisi secara sehat di tengah pandemi Covid-19.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x