Kompas TV travel jelajah indonesia

Begini Kapal Pinisi Dibuat

Kompas.tv - 9 Juli 2020, 15:32 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Jarak makassar dan Tanjung Bira sekitar 200 km atau sekitar 5 jam perjalanan. Sebelum ke Tanjung Bira, sebaiknya kita mampir ke Kampung Ara, Kabupaten Bulukumba untuk melihat pembuatan kapal pinisi.

Pinisi adalah kapal layar tradisional asli Indonesia yang berasal dari Suku Bugis dan Suku Makassar di Sulawesi Selatan.

Jadi sejarahnya begini teman jelajah. Putra mahkota Kerajaan Luwu, Pangeran Sawerigading adalah orang pertama yang membuat kapal pinisi. Kapal pinisi yang dibuat oleh Pangerang Sawerigading digunakan untuk pergi ke negeri tiongkok untuk menikahi Putri We Cudai.

Baca Juga: Telunas, Privat Island di Batam

Jadi tak heran kalau Suku Bugis dan Suku Makassar dikenal sebagai pelaut yang sangat hebat. Pembuatan kapal pinisi pun turun temurun diwariskan sampai sekarang.

Setelah melihat pembuatan kapal pinisi, kita beralih ke pesona bawah lautnya. Konon katanya ketika kamu menyelam disini, kamu akan menemukan hiu disini. Selain hiu, jika beruntung, kamu juga bisa bertemu dengan ikan napoleon. 

Ikan napoleon adalah ikan yang sangat berjasa dalam membantu pemeliharaan pertumbuhan terumbu karang dengan mengunyah bintang laut berduri yang membantu mengurangi jumlah hama pemutihan karang.

Selanjutnya kita menuju ke gua ara, karena terletak di Kampung Ara. Gua ini adalah gua batu kapur yang kuat. Sehingga kamu bisa menjelajah sampai ke dalam atau bahkan kamu bisa berenang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x