Kompas TV tekno aplikasi

WhatsApp Bakal Sembunyikan Fitur Last Seen secara Otomatis, Ada Apa?

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 11:31 WIB
whatsapp-bakal-sembunyikan-fitur-last-seen-secara-otomatis-ada-apa
WhatsApp perbarui fitur Last Seen, tak tampilkan terakhir dilihat ke orang asing secara default.. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Aplikasi pesan instan WhatsApp bakal menyembunyikan fitur 'Last Seen' atau 'Terakhir Dilihat' secara otomatis atau default.

Fitur ini nantinya tak lagi ditampilkan ke kontak yang tidak dikenal secara default. Artinya, apabila pengguna belum pernah mengobrol dengan seseorang sebelumnya, mereka tidak dapat melihat informasi aktivitas terakhir dilihat.

Sebelumnya, fitur 'Last Seen' ini dapat diatur dengan pilihan 'Kontak Saya' apabila pengguna tidak ingin seseorang yang tidak ada di dalam daftar kontaknya melihat aktivitasnya.

Baca Juga: Cara Download Sertifikat Vaksin PeduliLindungi Lewat WhatsApp, Gampang Banget

Namun, setelah mengatur beberapa perubahan, WhatsApp memutuskan untuk menyembunyikan fitur tersebut dari orang asing.

Mengapa demikian?

Melansir CNET, Selasa (14/12/2021), pembaruan pada fitur ini dikaitkan dengan kebijakan privasi yang dilakukan WhatsApp baru-baru ini.

WhatsApp juga memperbarui beberapa fitur karena alasan keamanan.

Privasi sendiri telah menjadi topik utama pada platform perpesanan paling laris ini setelah perusahaan menghadapi pengawasan terkait kebijakan privasinya pada awal tahun.

Perusahaan tersebut mendapat ganjaran denda senilai 260 juta dolar AS karena pelanggaran privasi di UE.

Sementara perusahaan induknya, Meta, mendapatkan banyak kecaman karena diuntungkan atas privasi pengguna Facebook dan WhatsApp.

Perubahan-perubahan pada fitur WhatsApp mungkin dimaksudkan untuk meredakan sejumlah masalah privasi, termasuk menyembunyikan aktivitas pengguna dari kontak yang tak dikenal.

Baca Juga: Gegara Masalah Ini, WhatsApp Perbaiki Keamanan di Fitur Multi-Perangkat

Sebelumnya, WhatsApp juga membuat pembaruan di fitur 'Disappearing Messages' dengan menambahkan opsi hapus pesan otomatis.

Sejak pembaruan tersebut, pengguna dapat memilih untuk mengaktifkan fitur hapus pesan dalam jangka waktu 24 jam, 7 hari, atau 90 hari.

Selain itu, WhatsApp juga memperbaikin keamanan pada fitur Multi-Perangkat karena terdapat beberapa bug, di mana sikronasi antara satu perangkat dengan perangkat lain tidak sama.



Sumber : CNET


BERITA LAINNYA



Close Ads x