Kompas TV tekno internet

Catat! Ini Daftar Lokasi Pertama di Indonesia yang Akan Mendapat Jaringan 5G Telkomsel

Kompas.tv - 21 Mei 2021, 06:21 WIB
catat-ini-daftar-lokasi-pertama-di-indonesia-yang-akan-mendapat-jaringan-5g-telkomsel
Foto yang diabadikan pada 30 Mei 2019 menunjukkan logo jaringan 5G pada sebuah layar ponsel di London, Inggris. (Sumber: Xinhua/Alberto Pezzali)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Operator seluler Telkomsel saat ini tengah menjalani Uji Layak Operasi (ULO) untuk mulai mengaktifkan layanan jaringan 5G di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, membeberkan beberapa lokasi pertama yang beruntung mendapatkan jaringan 5G Telkomsel ini, setelah proses ULO selesai.

“Telkomsel pada tahap awal merencanakan akan melakukan launching di Jakarta di 6 lokasi residential,” beber Johnny, dikutip dari Kompas Tekno, Jumat (21/5/2021).

Baca Juga: Data 279 Juta Penduduk Indonesia Bocor, BPJS Kesehatan: Sistem Keamanan Kami Ketat dan Berlapis

Keenam lokasi residential pertama yang akan mendapatkan layanan jaringan 5G Telkomsel tersebut, di antaranya:

  • Kelapa Gading,
  • Pondok Indah,
  • PIK,
  • BSD,
  • Widya Chandra, dan
  • Alam Sutera.

Selain enam lokasi di Jakarta, kata Johnny, Telkomsel juga akan menghadirkan layanan 5G komersil di sejumlah kota-kota besar, seperti Batam, Medan, Bandung, Solo, Surabatta, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

Baca Juga: Ditawari Raffi Ahmad Masuk RANS Cilegon FC, Greg Nwokolo: Kamu Tidak Kuat Bayar Saya

Johnny menjelaskan, operator seluler yang akan mengaktifkan layanan 5G dapat menggunakan pita frekuensi radio yang sudah ada.

“Pita frekuensi radio yang direncanakan akan digunakan Telkomsel untuk teknologi 5G ini menggunakan pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk data plane dan pita frekuensi radio 1,8 GHz untuk control plane,” papar Johnny.

Baca Juga: Wuih, Mulai Hari Ini Telkomsel Uji Operasi Jaringan 5G!

Sementara itu, VP Corporate Communication Telkomsel, Denny Abidin, mengatakan bahwa layanan 5G ini nantinya tidak akan berbeda jauh dengan layanan 3G maupun 4G, yakni menggunakan skema PAYU (Pay As You Use) untuk bisa mengakses jaringan tersebut.

“Kami ke depannya akan mengembangkan produk dan layanan 5G yang sesuai dengan kebutuhan dan masukan pelanggan. Hal tersebut juga dilakukan seiring dengan perkembangan ekosistem 5G yang dilakukan secara bertahap dan terukur," jelas Denny.

Baca Juga: Huawei Bakal Luncurkan 6G, Lebih Cepat 50 Kali Lipat dari 5G

Dalam video tentang 5G yang dibagikan oleh Telkomsel, Komisaris Utama Telkomsel, Wishnutama Kusubandio, mengatakan bahwa layanan 5G ini dibekali berbagai peningkatan dari versi sebelumnya, salah satunya dari segi kecepatan.

Wishnutama mengatakan, kecepatan unduh (download) dengan jaringan 5G ini bisa mencapai 20 Gbps, 20 kali lipat lebih cepat ketimbang jaringan 4G yang hanya berada di angka 1 Gbps.

“Untuk download video berdurasi 2 jam, kita hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja,” kata Wishnutama.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x