Kompas TV tekno internet

Hanya dengan Tidur, Streamer Twitch Ini Raup Rp 223 Juta

Kompas.tv - 17 Februari 2021, 16:49 WIB
hanya-dengan-tidur-streamer-twitch-ini-raup-rp-223-juta
Asian Andy saat melakukan sleep stream yang membuatnya raup uang Rp 223 juta dalam satu malam. (Sumber: Youtube / Asian Andy)
Penulis : Rizky L Pratama

SOLO, KOMPAS.TV – Seorang streamer di Twitch mampu raup uang Rp 223 juta hanya dengan modal tidur saja.

Platform streaming Twitch, biasanya digunakan streamer untuk menyuguhkan konten berupa live streaming main game yang disiarkan selama berjam-jam.

Namun ternyata, selain bermain game ada cara lain untuk mendapatkan uang di sana. Yakni merekam diri saat sedang tidur. Ya, tidur.

Baca Juga: Ternyata Meeting Online dan Streaming Film Dapat Picu Kerusakan Lingkungan

Hal itulah yang dilakukan oleh seorang  streamer Twitch bernama Asian Andy. Pria 26 tahun ini dikenal sebagai "Sleep streamer", yakni orang yang membuat tayangan langsung berisi dirinya sendiri sedang mendengkur.

Meski mungkin terdengar seperti lelucon dan hal yang menggelikan, jumlah uang yang dihasilkan tidak sedikit. Asian Andy bisa mendapat uang sebanyak 16.000 dollar AS (sekitar Rp 223 juta) hanya dalam satu malam saja.

Baca Juga: Disney Akan Tayangkan Star Wars dan Seri Marvel Melalui Streaming

Cara Asian Andy untuk menghasilkan uang terbilang unik. Andy menggunakan speech recognition untuk mengubah pesan dari para penonton donatur menjadi perintah suara untuk asisten pintar Alexa.

Para penonton donatur itu pun iseng untuk mengganggu tidur Andy saat sleep streaming. Mereka memberikan perintah untuk Alexa menirukan macam-macam suara, seperti gonggongan anjing atau musik keras.

Baca Juga: Christopher Nolan Kritik Rencana Penayangan Film di Layanan Streaming dan Bioskop Secara Bersamaan

Meskipun dia terusik tiap kali ada donasi masuk. Tapi gangguan itu tak ubahnya berkah buat Andy.

"Terima kasih banyak. Saya sebelumnnya hanya mendapatkan penghasilan sebesar 16 dollar AS (sekitar Rp 223.000) setiap jamnya sebagai sopir Uber," kata Andy di penghujung live streaming Twitch yang rekamannya kemudian diunggah ke YouTube yang dilansir dari KompasTekno.

Populer karena kerap menyuguhkan konten yang kocak, Asian Andy memiliki 76.400 followers di patform Twitch, 40.000 followers di Twitter dan Instagram, serta 1 juta subscriber di YouTube.

Baca Juga: Fakta Li Ziqi, YouTuber Asal China Peraih Guinness World Records

Sebelum Asian Andy, ternyata ada beberapa streamer yang pernah melakukan sleep stream. Pada tahun 2017 lalu, YouTuber Ice Poseidon pernah berhasil meraup 5.000 dollar AS (sekitar Rp 69,7 juta) dengan melakukan sleep stream.

Selain itu ada juga Alex Shannon yang mempunyai juluka sebagai "sleep influencer" pertama di dunia. Sejak 2018, Shannon berkeliling dunia untuk tidur di berbagai lokasi mewah.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x