Kompas TV TALKSHOW b-talk

Natau, Ekonomi Bergerak Maju | BTALK

Kompas.tv - 23 Desember 2023, 11:00 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Jelang natal dan tahun baru (nataru) sudah punya resolusi? Biasanya sih orang-orang cenderung menghabiskan uangnya dengan berlibur dan belanja dengan sukacita. Wah bakalan bikin isi kantong kempes gak sih? Tapi selain itu hal semacam ini juga membuat perekonomian di tanah air kian maju lho.

Tentunya dengan tingginya mobilitas masif orang-orang yang lalu lalang dikala natal dan tahun baru, perekonomian pun akan ngebut dengan sendirinya terlebih dengan dukungan adanya libur nasional dan hari raya nasional.

Berdasarkan data dari Kementrian Perhubungan sedikitnya ada 107.36 juta orang yang akan melakukan perjalanan di masa nataru tahun 2023-2024. Pastinya angka tersebut akan mempengaruhi jumlah peredaran uang di masyarakat. Sebagaimana disebutkan BI bahwa jumlah uang beredar pada bulan November saja sudah mencapai 8.505,4 triliun rupiah setelah adanya peningkatan dari bulan sebelumnya yakni 8.441,4 triliun rupiah pada bulan September, Nah kebayang kan bagaimana dengan nilai peredaran uang pada bulan November dan Desember tahun ini?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB
Close Ads x