Kompas TV TALKSHOW rosi

Dituding Pro Dokter Asing, Ini Klarifikasi Menteri Kesehatan | ROSI

Kompas.tv - 16 Juni 2023, 21:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengklarifikasi tudingan pro dokter asing. Ia menegaskan pro dokter-dokter hebat yang ada di Indonesia. Ia percaya, kemampuan dokter kita akan secara masif meningkat ke standar internasional, sehingga pasien yang membutuhkan layanan kesehatan tidak perlu lagi berobat ke luar negeri. 

Sebelumnya, ada wacana aturan izin bagi dokter asing yang akan masuk dalam RUU Kesehatan Omnibus Law. Wacana dokter asing itu diperdebatkan sejumlah pihak karena dinilai tak berpihak pada dokter dalam negeri.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut tidak ada satupun Menteri Kesehatan yang mengatakan bahwa kelebihan dokter. Maka, menurutnya tidak mungkin akan ada ribuan dokter asing yang masuk ke Indonesia. 

Menkes pernah meninjau lebih dari 20 lokasi terpencil yang kondisinya tidak ada dokter. Sebelumnya, Budi Gunadi mengatakan dokter asing akan ditempatkan di daerah terpencil untuk meningkatkan kualitas dokter lokal. 

Pernyataan ini terkait wacana aturan izin bagi dokter asing yang akan masuk dalam RUU Kesehatan Omnibus Law. Wacana dokter asing itu diperdebatkan sejumlah pihak karena dinilai tak berpihak pada dokter dalam negeri.


 

Simak dialog Rosianna Silalahi bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Saksikan dalam ROSI eps. Menteri Kesehatan Anti IDI, Pro Dokter Asing?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x