Kompas TV TALKSHOW rosi

Puan Sebut Nama Potensial Bacawapres Ganjar, SMRC: Gimmick Politik | ROSI

Kompas.tv - 12 Juni 2023, 14:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pendiri Lembaga Survei SMRC, Saiful Mujani mengatakan disebutkannya sejumlah nama potensial sebagai Bacawapres Ganjar yaitu untuk menunjukkan bahwa PDI-P adalah partai yang inklusif dan ‘gimmick’ politik biasa.

Sebelumnya dalam acara Rakernas III PDI Perjuangan, Ketua DPP Puan Maharani menyebut sejumlah nama seperti Erick Thohir, Mahfud MD, Ridwan Kamil. Sandiaga Uno, Airlangga Hartarto hingga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai sosok yang berpotensi mendampingi Bakal calon presiden Ganjar Pranowo.  

Saiful Mujani mengatakan meski nama Khofifah cukup kuat di Jawa Timur, namun sosoknya belum menjadi 5 tokoh populer yang sering ada dalam survei bursa Cawapres. Hal ini karena Khofifah belum sosialisasi di provinsi lain, berbeda dengan Prabowo, Ganjar, atau Anies yang telah melakukan kerja politik nasional. 

Saiful Mujani mencontohkan sosok Menteri Keuangan Sri Mulyani yang dikenal memiliki reputasi dan kompetensi baik. Namun, sampai saat ini tidak ada frame atau langkah-langkah kerja yang mengarah pada Pilpres 2024. 

Ia menilai Parpol kurang inklusif mensosialisasikan tokoh-tokoh yang potensial. Bahkan justru memaksakan kader yang sudah ada di dalam partai tersebut, meski dianggap tidak cukup di mata pemilih. Maka, ia tidak sependapat jika ada anggapan bahwa tokoh perempuan tidak dipilih karena ada kebencian atau sentimen negatif tersendiri.

Nonton Juga: [FULL] Isu Jokowi-Mega Retak, Prabowo Diuntungkan? | ROSI

Selengkapnya saksikan dialog Rosianna Silalahi bersama Pendiri Lembaga Survei SMRC, Saiful Mujani. Simak dalam ROSI eps. Isu Jokowi-Mega Retak, Siapa Diuntungkan? Di kanal Youtube KompasTV. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x