Kompas TV TALKSHOW b-talk

Pesona Perkotaan, Sihir Urbanisasi Pasca-Mudik Lebaran | BTALK

Kompas.tv - 4 Mei 2023, 20:00 WIB
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Bukan hal yang baru bahwa setiap arus balik, terjadi urbanisasi warga daerah yang mencoba peruntungan ke kota.

Beberapa faktor menjadi penyebab perpindahan warga ini, salah satu yang adalah untuk mencari pekerjaan di kota yang dianggapnya banyak pilihan.

Baca Juga: [FULL] Anak Berulah, Ayah Kena Getah! Giliran Harta AKBP Achiruddin Disorot Pencucian Uang | BTALK

Meski demikian, Wakil Menteri Tenaga Kerja Afriansyah Noor mengatakan, tidak semua warga yang melakukan migrasi ke kota memiliki keahlian yang cukup. Sehingga menurutnya, hal ini membuat warga tersebut malah menjadi pengangguran di kota.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal & Transmigrasi Indonesia Budi Arie Setiadi. Ia menekankan kondisi pembangunan yang tidak merata membuat masyarakat daerah masih melihat kota sebagai tempat untuk mencari kehidupan yang lebih baik. 

Ini menurut Sosiolog Paulus Wirotomo, sebaiknya pemerintah mulai membuat hirarki kota yakni kota penyangga yang berada antara perdesaan dan perkotaan, sehingga masyarakat punya pilihan untuk tidak melulu menyerbu kota, terutama setiap masa arus balik di hari raya tiba.

Baca Juga: Nyobain Naik KRL, Anggota DPR Ini Rasakan Berjubel di Jam Sibuk | BTALK

Saksikan program talkshow B-Talk bersama Jurnalis KompasTV Mysister Tarigan dalam episode : SIHIR URBANISASI PASCA MUDIK yang akan tayang pada Selasa, 25 April 2023 pukul 22.00 WIB di KompasTV.

 

 

#urbanisasi #pascamudik #arusbalik



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x