Kompas TV TALKSHOW rosi

Bagaimana Hakim Bisa Menemukan Kebenaran Di Antara Kesaksian yang Berbeda-Beda | ROSI

Kompas.tv - 19 Oktober 2022, 13:28 WIB
Penulis : Anas Surya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Program ROSI KompasTV pada 13 Oktober 2022 menghadirkan Doktor Binsar Gultom, salah satu hakim dalam kasus kopi maut sianida yang menewaskan Mirna Salihin 6 tahun lalu oleh terpidana Jessica Wongso. 

Menurutnya, mudah bagi hakim untuk menemukan kebenaran di antara kesaksian yang berbeda-beda. Secara umum, ia menggambarkan bahwa seorang hakim yang memiliki naluri tajam akan bisa menyimpulkan sesuai fakta persidangan. Seorang hakim tidak boleh menyerah dalam menjalankan tugas berat untuk menggali fakta. 

Hakim Binsar menuturkan pengalamannya saat menangani kasus kopi maut sianida. Meski banyak keterangan saksi ahli yang berbeda-beda serta rekaman CCTV yang menunjukkan kronologi kejadian itu, namun majelis hakim akhirnya memutuskan perkara dan menjatuhkan hukuman pidana penjara 20 tahun kepada Jessica Wongso. 

Senin 17 Oktober 2022 Ferdy sambo, Putri Candrawathi, Ricky Rizal, dan Kuwat Maruf menjalani sidang perdana kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Yosua Hutabarat. Sementara, sidang Richard Eliezer akan digelar Selasa 18 Oktober 2022. Sidang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. 

Selengkapnya saksikan dalam ROSI Uncut “Pertaruhan Hakim di Sidang Sambo” di kanal Youtube KompasTV. 

#sidangferdysambo #ferdysambo #putricandrawathi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x