Kompas TV saintek teknologi

Indosat Berkolaborasi dengan NVIDIA Ciptakan Infrastruktur AI Berdaulat

Kompas.tv - 1 Maret 2024, 09:45 WIB
indosat-berkolaborasi-dengan-nvidia-ciptakan-infrastruktur-ai-berdaulat
President Director and Chief Executive Officer IOH, Vikram Sinha dan Senior Vice President of Telecom NVIDIA, Ronnie Vasishta menandatangani MoU di MWC 2024, Barcelona, pada Rabu, (28/2/2024) (Sumber: IOH)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) group berkolaborasi dengan NVIDIA dalam membentuk lanskap teknologi untuk memimpin Indonesia dalam revolusi Artificial Intelligence (AI) secara global dalam upaya menuju era inovasi dan digitalisasi.

Kerja sama ini diresmikan melalui Nota Kesepahaman (MoU) tentang pembentukan lanskap teknologi Indonesia, yang ditandatangani oleh Vikram Sinha, Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, serta Ronnie Vasishta, Wakil Presiden Senior Telecom NVIDIA, di Mobile World Congress (MWC) 2024 Barcelona, pada Rabu, (28/2/2024).

Kolaborasi antara Indosat dan NVIDIA bertujuan memajukan Indonesia sebagai pemimpin dalam komunitas AI Cloud tingkat global, menuju era baru inovasi dan digitalisasi.

Sebagai mitra pertama NVIDIA Cloud Provider di Indonesia, Indosat melalui anak usahanya, Lintasarta, akan menyajikan platform AI full-stack NVIDIA bagi pelaku bisnis di Indonesia. Mereka akan memberikan akses ke teknologi GPU terbaru dari NVIDIA melalui pusat data high-density yang terhubung dengan internet publik, dengan kecepatan hingga 400 Gbps.

Layanan AI Cloud yang didukung oleh NVIDIA ini akan memperluas pusat data generasi baru yang berkelanjutan, hyper-connected, dan dilengkapi kecerdasan buatan. 

Melalui GPU-as-a-Service (Deka GPU) milik Lintasarta, pelanggan dapat mengakses kemampuan AI/Machine Learning paling mumpuni, yang dirancang khusus untuk pekerjaan komputasi berat, termasuk penyediaan infrastruktur, platform, dan layanan bare metal.

Baca Juga: Cegah Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme, OJK Gunakan Big Data dan Artificial Intelligence

Kapabilitas ini memastikan layanan superkomputasi cloud yang handal, sambil memanfaatkan kecerdasan buatan untuk merangsang inovasi bagi penggunanya. Superkomputer AI saat ini menjadi infrastruktur krusial, dan kolaborasi ini akan menjadi fondasi yang kokoh untuk membantu Indonesia berkembang sebagai negara yang mahir dalam bidang AI.

Indosat Ooredoo Hutchison group akan menggunakan pusat datanya untuk mengembangkan platform AI yang berdaulat dalam memacu inovasi di seluruh ekosistem.

Dengan platform AI Cloud yang canggih ini, berbagai institusi, baik pemerintah, swasta, maupun startup, dapat mengakses infrastruktur, piranti, dan perangkat lunak AI. Hal ini akan menjadi pendorong inovasi untuk meningkatkan produktivitas, mengoptimalkan proses, serta meningkatkan efisiensi operasional di berbagai industri.

Melalui kolaborasi ini, diharapkan Indonesia sebagai pemimpin dalam ranah AI Cloud global, dapat membawa kemajuan teknologi dan inovasi.

Dengan keahlian AI di dalam ekosistem cloud, Indosat Ooredoo Hutchison group diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, menyediakan dasar yang solid bagi perkembangan sektor digital yang terus berkembang.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x