Kompas TV saintek teknologi

5 Bahaya Menggunakan WiFi Publik dan Cara Menghindarinya

Kompas.tv - 14 November 2023, 18:05 WIB
5-bahaya-menggunakan-wifi-publik-dan-cara-menghindarinya
Ilustrasi pengamanan wifi agar tidak mudah dibobol. (Sumber: Dittipidsiber Polri)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - WiFi publik merupakan salah satu fasilitas yang banyak tersedia di tempat-tempat umum, seperti kafe, restoran, bandara, dan taman. Fasilitas ini tentu sangat memudahkan pengguna untuk mengakses internet tanpa perlu mengeluarkan biaya. 

Namun, di balik kemudahan tersebut, terdapat beberapa bahaya yang perlu diwaspadai saat menggunakan WiFi publik.

Dikutip dari laman ftmm.unair.ac.id, beberapa bahaya yang dapat terjadi saat menggunakan WiFi publik antara lain:

1. Serangan Man-in-the-Middle (MitM)

Baca Juga: Cara Berlangganan Wifi Iconnet PLN, Berikut Daftar Harganya

Serangan MitM adalah serangan yang dilakukan oleh peretas untuk menyadap data yang dikirim dan diterima oleh korban. Serangan ini dapat terjadi karena jaringan WiFi publik biasanya tidak terenkripsi. 

Dengan demikian, peretas dapat dengan mudah mengakses data yang dikirim dan diterima oleh korban, termasuk informasi pribadi seperti password, nomor kartu kredit, dan data perbankan.

2. Phishing

Phishing adalah upaya penipuan untuk mendapatkan informasi pribadi dari korban. Peretas biasanya akan mengirimkan email atau pesan singkat yang berisi link palsu. 

Ketika korban mengklik link tersebut, mereka akan diarahkan ke halaman palsu yang terlihat mirip dengan halaman asli. Di halaman palsu tersebut, korban diminta untuk mengisi informasi pribadi, seperti password, nomor kartu kredit, dan data perbankan.

3. Malware

Malware adalah perangkat lunak berbahaya yang dapat merusak perangkat atau mencuri data pribadi. Malware dapat menyebar melalui WiFi publik melalui file yang diunduh, situs web yang dikunjungi, atau iklan yang diklik.

4. Penurunan performa perangkat



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x