Kompas TV saintek sains

Link Live Streaming Gerhana Bulan Sebagian 29 Oktober 2023, Jangan Sampai Terlewat!

Kompas.tv - 29 Oktober 2023, 00:00 WIB
link-live-streaming-gerhana-bulan-sebagian-29-oktober-2023-jangan-sampai-terlewat
Ilustrasi gerhana bulan. Gerhana Bulan sebagian akan terjadi pada 29 Oktober 2023. (Sumber: Unsplash/Jake Hills)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Siap-siap! Pada Minggu (29/10/2023), Bulan akan masuk ke dalam bayangan Bumi dan gerhana Bulan sebagian akan terjadi. Bagi Anda yang tidak sempat menyaksikannya, cek link live streaming gerhana Bulan sebagian ini.

Gerhana Bulan sebagian terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari berada dalam posisi sejajar sehingga bayangan Bumi jatuh melintasi permukaan bulan.

Fenomena ini dapat disaksikan di sebagian besar belahan Bumi timur, termasuk Afrika, Eropa, Asia, dan sebagian Australia. Di Indonesia, gerhana Bulan sebagian akan terlihat di 34 wilayah.

Baca Juga: Jam Berapa Gerhana Bulan 29 Oktober 2023 Terjadi? Ini Jadwal, Daftar Wilayah, dan Cara Melihatnya

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan dalam siaran persnya bahwa durasi gerhana dari fase gerhana mulai (P1) hingga gerhana berakhir (P4) adalah 4 jam 28 menit 10 detik.

Adapun durasi parsialitas, yaitu lama waktu dari fase gerhana sebagian mulai (U1) hingga gerhana sebagian berakhir (U4) terjadi selama 1 jam 18 menit 57 detik.

Melansir Kementerian Agama, gerhana Bulan sebagian 29 Oktober 2023 terjadi pada waktu yang berbeda-beda di setiap wilayah di Indonesia, berikut rinciannya:

1. Pukul 02:34-03:53 WIB: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

2. Pukul 03:34-4:53 WITA: Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Gorontalo.

3. Pukul 04:34-05:53 WIT: Maluku Utara dan sebagian besar Maluku.

4. Pukul 04:34 WIT sampai Bulan terbenam: Papua, sebagian besar Papua Barat, dan sebagian Maluku.

Baca Juga: Catat Berikut Daftar 34 Wilayah yang Bisa Lihat Gerhana Bulan Sebagian pada 29 Oktober 2023

Bagi Anda yang tidak dapat menyaksikan gerhana Bulan sebagian secara langsung dapat menyaksikannya melalui link live streaming dari kanal YouTube Time and Date berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=-YHKrphbKS0&ab_channel=timeanddate 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x