Kompas TV saintek sains

Prakiraan Hujan di Jabodetabek Hari Ini Menurut BMKG

Kompas.tv - 15 Oktober 2023, 10:01 WIB
prakiraan-hujan-di-jabodetabek-hari-ini-menurut-bmkg
Ilustrasi hujan. (Sumber: Freepik)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan prakiraan hujan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada Minggu (15/10/2023).

Secara umum, kata BMKG, langit akan cerah berawan di Jabodetabek hari ini. Namun, wilayah Bogor dan Depok, Jawa Barat berpotensi hujan ringan. Berikut rinciannya:

1. Jakarta

Wilayah Jakarta diprakirakan cerah berawan pada hari ini, Minggu (15/10/2023). Tak ada tanda-tanda akan turun hujan hari ini menurut BMKG. Sementara suhu udara berkisar antara 24 hingga 34 derajat Celcius.

2. Bogor

Kota Bogor, Jawa Barat diprakirakan akan hujan ringan pada malam hari ini, Minggu (15/10/2023). Sementara itu, BMKG memprakirakan cuaca pada siang dan dini hari di Bogor cerah berawan dengan suhu 22 - 32 derajat Celcius.

Baca Juga: BMKG Prakirakan 11 Wilayah Indonesia Ini Diguyur Hujan Hari Ini, Simak Rinciannya!

3. Depok

Wilayah Depok, Jawa Barat menurut BMKG diguyur hujan ringan pada malam hari ini, Minggu (15/10/2023). Sementara itu, langit di Depok diprakirakan cerah berawan pada siang dan dini hari dengan suhu 24 - 33 derajat Celcius.


4. Tangerang

Langit di Tangerang, Banten diprakirakan berawan sepanjang hari sejak siang hingga dini hari nanti, manurut BMKG. Suhu udara di Kota Tangerang pun berkisar antara 24 - 34 derajat Celcius.

Meski begitu, BMKG mengingatkan adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang, Banten.

5. Bekasi

BMKG memprakirakan wilayah Bekasi, Jawa Barat hari ini, Minggu (15/10/2023), tak diguyur hujan. Langit bekasi cenderung cerah berawan dengan suhu udara berkisar antara 24 - 34 derajat Celcius.

Sebagaimana telah diberitakan, pihak BMKG menyatakan, musim hujan di Indonesia datang terlambat daripada waktu-waktu sebelumnya.

Baca Juga: BMKG Ungkap Musim Hujan di Sebagian Besar Wilayah Indonesia Datang Lebih Lambat

Wilayah yang diprediksi mengalami musim hujan lebih cepat daripada biasanya yakni Aceh bagian utara, sebagian kecil Jambi bagian barat, sebagian kecil Jawa Timur, Kalimantan Timur bagian selatan, dan sebagian kecil Sulawesi Utara bagian selatan.

Kemudian, Gorontalo bagian selatan, sebagian kecil Sulawesi Tengah, sebagian kecil Sulawesi Selatan, sebagian Maluku bagian barat, sebagian Papua Barat, dan sebagian Papua.

Sementara itu, sejumlah daerah mengalami cuaca panas terik pada akhir September hingga Oktober 2023.

"Kondisi fenomena panas terik ini diprediksi masih dapat berlangsung dalam periode Oktober ini, mengingat kondisi cuaca cerah masih cukup mendominasi pada siang hari," ungkap Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto melalui keterangan tertulis, Sabtu (30/9/2023).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x