Kompas TV saintek teknologi

Pasangan Asal Yogyakarta Ini Pakai ChatGPT untuk Bikin Nama Anak, Begini Hasilnya

Kompas.tv - 1 Oktober 2023, 17:09 WIB
pasangan-asal-yogyakarta-ini-pakai-chatgpt-untuk-bikin-nama-anak-begini-hasilnya
ChatGPT, chatbot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence) bikinan OpenAI. (Sumber: Kompas.com/Galuh Putri Riyanto)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Cerita unik datang dari pasangan asal Yogyakarta, Daniel Oscar Baskoro dan Erlinda Aji Ayuningrum, yang menggunakan ChatGPT untuk menentukan nama anak.

ChatGPT merupakan teknologi kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) dengan format percakapan (chatbot). ChatGPT mampu menjawab pertanyaan dari penggunanya, termasuk membuat nama.

Beberapa penggunaan ChatGPT yang umum adalah membantu menulis artikel, mengolah data, membantu pekerjaan programmer, hingga memberikan rekomendasi, termasuk rekomendasi nama bayi.

Baca Juga: Pendiri ChatGPT Samuel Altman Dapat Golden Visa dari Dirjen Imigrasi, Apa Manfaat Eksklusifnya?

Oscar bercerita bahwa ide menggunakan ChatGPT untuk membuat nama sang buat hati muncul sekitar 1-2 minggu sebelum putranya lahir.

Penggunaan ChatGPT yang saat ini tengah marak membuat Oscar dan Erlinda terdorong untuk memanfaatkannya dengan meminta teknologi AI itu untuk membantu menyusun komposisi nama.

Prompt ChatGPT

Oscar dan istri memberikan prompt (instruksi) dengan berbagai pertimbangan-pertimbangan yang sarat akan makna.

“Pertimbangan-pertimbangan di nama tersebut, kalau hanya dicari menggunakan pemikiran manusia saja terbatas,” kata Oscar, Minggu (1/10/2023).

Dia lantas membuat instruksi yang akan dimasukkan ke chatbot ChatGPT. Berikut prompt yang dimasukkan mereka.

“Buatkan nama untuk bayi laki-laki, nama Indonesia kalau disingkat DOB, sebagai informasi nama orangtuanya Oscar dan Linda, namanya menggunakan baptis katolik.”



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x