Kompas TV saintek teknologi

Simak, Ini Tanda-Tanda WhatsApp Anda Tengah Disadap

Kompas.tv - 21 Juli 2023, 06:00 WIB
simak-ini-tanda-tanda-whatsapp-anda-tengah-disadap
Aplikasi pesan instan WhatsApp menghadirkan sejumlah pembaruan fitur polling atau jajak pendapat, termasuk menambahkan opsi baru untuk membuat jajak pendapat dengan single-vote (satu suara). (Sumber: Antara)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tanda-tanda WhatsApp (WA) yang tengah disadap seringkali tidak disadari oleh pemiliknya. Kondisi ini bisa berbahaya bagi pemilik ponsel.

Menjadi korban penyadapan Whatsapp tanpa disadari oleh pemilik ponsel tentu sangat meresahkan.

Langkah yang bisa dilakukan untuk mewaspadai masalah tersebut adalah pengguna WA harus segera mengambil tindakan apabila mengetahui tanda-tanda akunnya sedang disadap. 

Lantas, bagaimana tanda-tanda WhatsApp sedang disadap atau dibajak oleh orang lain?

Baca Juga: Ini yang Harus Dilakukan jika Terlanjur Mengunduh File APK di WhatsApp dari Penipu

Tanda-tanda WhatsApp sedang disadap

Dilansir dari Kompas.com, Dosen Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer UNS Nurcahya Pradana Taufik Prakisya membagikan informasi mengenai tanda-tanda jika WhatsApp diduga sedang disadap. 

1. Ada pesan terkirim tanpa diketahui

Salah satu tanda yang sering ditemui bila WA sedang disadap oleh orang lain adalah terdapat pesan yang terkirim tanpa diketahui. 

Saat pengguna menyadari bahwa bukan dirinya yang membuat dan mengirim pesan tersebut, dapat dipastikan bahwa akun WA tersebut sedang dibajak orang lain. 

Tidak hanya ciri di atas, pemilik WA perlu mengetahui ciri lain mengenai WA yang disadap. Sebab seringkali pelaku menghapus pesan agar tidak bisa terbaca oleh pemilik. Sehingga ciri di bawah ini juga perlu menjadi perhatian bagi Anda agar lebih waspada. 

Baca Juga: Hati-Hati! Gegara Klik Undangan Via WhatsApp, Saldo Rekening Rp1,4 M Raib

2. Ada aplikasi asing terpasang di smartphone

Seringkali pengguna smartphone tidak sadar akan hadirnya aplikasi asing atau tidak dikenal yang terpasang di HP pribadinya. Banyak orang mengira hal ini adalah lumrah karena termasuk dalam bagian update otomatis atau bawaan dari HP.

Namun jangan salah dan perlu menjadi perhatian bagi pengguna HP, sebab menurut Nurcahya aplikasi asing itu bisa jadi adalah alat yang digunakan pelaku untuk membajak WhatsApp korban. 

"Bisa jadi aplikasi ini adalah media yang digunakan oleh peretas untuk menyadap percakapan WhatsApp Anda," ungka Nurcahya.

3. WhatsApp tiba-tiba logout



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x