Kompas TV saintek teknologi

Mengenal Xylobands Gelang Konser Coldplay yang Menyala, Cahayanya Ternyata Dikendalikan Panitia

Kompas.tv - 16 Mei 2023, 21:10 WIB
mengenal-xylobands-gelang-konser-coldplay-yang-menyala-cahayanya-ternyata-dikendalikan-panitia
Ilustrasi penonton konser mengenakan gelang Xylobands yang menyala. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Xylobands, gelang yang biasa digunakan penonton konser Coldplay, ternyata menyala sesuai kendali panitia dan membuat pertunjukan semakin meriah.

Gelang yang dibuat oleh Jason Regler dan diproduksi oleh RB Concepts Ltd, sebuah perusahaan yang didirikan oleh konglomerat Clive Banks, ini biasanya hanya dipinjamkan oleh pihak penyelenggara kepada penonton hingga sebuah gelaran konser berakhir.

Melansir Kompas.com, Xylobands berisi diode pemancar cahaya, alias lampu-lampu kecil yang berwarna, serta penerima (receiver) frekuensi radio.

Fitur pemancar cahaya di gelang Xylobands tidak bisa dikontrol oleh penggunanya sendiri, melainkan hanya bisa dikendalikan oleh pihak yang mendistribusikan gelang tersebut, dalam hal ini panitia konser musik.

Panitia akan mengontrol status dan warna lampu Xylobands melalui sebuah laptop yang sudah dipasangi dengan software atau aplikasi khusus pengontrol Xylobands. 

Kontrol lampu Xylobands juga bisa dilakukan melalui sejumlah alat pengendali portabel (remote control) yang dipegang oleh beberapa panitia. 

Efek lampu di gelang Xylobands bisa diatur secara khusus, sehingga bisa menyesuaikan tempat penonton berada.

Baca Juga: Tinggi Antusiasme Penonton, Konser Coldplay Ditambah Sehari di Perth Australia November 2023

Laptop panitia akan dipasangi perangkat komputer berupa kotak penerima sinyal (transmiter) khusus supaya efek lampu Xylobands bisa dikendalikan

Berdasarkan informasi di situs resmi Xylobands.com, alat transmiter pengatur lampu itu dapat mengontrol cahaya Xylobands dalam radius 800 meter.  

Penyelenggara event yang menggunakan Xylobands juga bisa memakai transmiter tambahan supaya jangkauan kendali lampu di gelang itu bisa semakin luas. Hal ini berguna apabila konser musik digelar di tempat yang lapang.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.