Kompas TV saintek teknologi

Mudah, Ini Cara Menghapus Foto di iCloud tanpa Menghilangkannya di iPhone

Kompas.tv - 16 Mei 2023, 07:40 WIB
mudah-ini-cara-menghapus-foto-di-icloud-tanpa-menghilangkannya-di-iphone
Logo gerai Apple di Washington, Amerika Serikat, Kamis (27/1/2022). (Sumber: Kompas.tv/Antara )
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ingin menghapus foto di iCloud tanpa menghilangkannya di iPhone? Mudah, begini caranya.

iCloud merupakan layanan penyimpanan awan khusus perangkat Apple, di mana setiap iPhone akan dibekali dengan layanan ini. Kegunaannya adalah untuk menyimpan berbagai jenis data iPhone secara online, salah satunya seperti foto.

Skema penyimpanan berbagai data iPhone, termasuk foto, bisa dibilang berbeda dengan platform Cloud lai, yakni pengaturan penyimpanan foto di galeri iPhone langsung terintegrasi atau tersinkronisasi dengan iCloud. 

Setiap tindakan pengaturan penyimpanan di galeri iPhone akan memengaruhi iCloud. Sehingga jika Anda menghapus foto di iCloud, akan terhapus pula pada galeri. Begitu pun sebaliknya, setiap pengaturan penyimpanan di iCloud akan berpengaruh pada galeri iPhone. 

Baca Juga: Wajib Dilakukan Pengguna iPhone, Apple Imbau Pengguna Update ke iOS 16.4.1 (a), Ini Alasannya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bila terdapat penambahan foto di galeri iPhone, maka bakal bertambah pula foto di iCloud dan sebaliknya. Kemudian, bila terdapat penghapusan foto di galeri iPhone, maka foto di iCloud bakal ikut terhapus juga dan sebaliknya.

Skema penyimpanan foto di iCloud dari iPhone tersebut menimbulkan dua sisi yang berbeda, yaitu di satu sisi dapat memudahkan pengguna karena tak perlu repot mengatur penyimpanan secara manual.

Namun, disisi lain, bila kapasitas penyimpanan iCloud sudah penuh, skema tersebut justru berpotensi merepotkan pengguna, mengingat kuota penyimpanan iCloud hanya sebesar 5 GB yang diberikan secara gratis. 

Salah satu penyebab kuota iCloud menjadi penuh bisa jadi adalah data foto. Bila iCloud penuh, maka pengguna perlu menghapus beberapa foto yang tersimpan di dalamnya. 

Akan tetapi, dengan adanya skema penyimpanan terintegrasi, menghapus foto di iCloud bakal secara otomatis menghapus pula foto yang terdapat di galeri iPhone. Lalu, bagaimana cara menghapus foto di iCloud tanpa menghilangkannya di iPhone?

Cara menghapus foto di iCloud tanpa menghilangkannya di iPhone hanya ada satu, yaitu mematikan opsi sinkronisasi data foto. Berikut adalah cara lebih lengkap untuk menghapus foto di iCloud tanpa menghilangkannya di iPhone. 

Baca Juga: Fitur Baru Apple Music, Asyik Buat Karaoke hingga Bisa Duet dengan Penyanyi Asli!

Cara menghapus foto di iCloud tanpa menghilangkannya di iPhone

  • Buka menu pengaturan di iPhone. 

  • Kemudian, pilih banner iCloud yang terdapat di atas halaman pengaturan iPhone. 

  • Selanjutnya, pilih menu “iCloud” dan pilih opsi “Foto”. 

  • Matikan sinkronisasi foto iPhone ke iCloud dengan menggeser tombol “Selaraskan iPhone ini” ke arah off

  • Setelah itu, pengguna bakal diminta untuk mengunduh semua data foto di iCloud. 

  • Bila telah terunduh semua, pengguna bisa mulai menghapus foto di iCloud. 

  • Untuk menghapus foto di iCloud, langkah awal adalah kunjungi website www.iCloud.com lewat browser dan login dengan akun yang sama seperti dipakai pada iPhone. 

  • Setelah berhasil masuk, klik menu “Photos” dan pilih foto yang ingin dihapus. 

  • Jika sinkronisasi telah dimatikan, foto di galeri iPhone bakal tetap ada meski di iCloud telah dihapus.

Baca Juga: Begini Cara Upgrade dan Tambah Kapasitas iCloud

Demikian penjelasan cara menghapus foto di iCloud tanpa menghilangkannya di iPhone. Perlu dicatat bahwa ketika sinkronisasi dinonaktifkan, data foto di iPhone tidak lagi terunggah dan tersimpan lagi di iCloud secara otomatis.

Penyimpanan pada iCloud tetap bisa Anda lakukan dengan cara mengunggah foto-foto dari galeri iPhone ke iCloud secara manual. Namun, cara ini bisa dikatakan cukup merepotkan karena iCloud tak memiliki aplikasi.

Setelah sinkronisasi dinonaktifkan, Anda bisa menyimpan foto di iCloud dengan membuka website www.iCloud.com. Kemudian Anda bisa mengunggah foto dari galeri iPhone ke iCloud di website tersebut.


 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x