Kompas TV tekno aplikasi

Fitur Baru Apple Music, Asyik Buat Karaoke hingga Bisa Duet dengan Penyanyi Asli!

Kompas.tv - 9 Desember 2022, 13:04 WIB
fitur-baru-apple-music-asyik-buat-karaoke-hingga-bisa-duet-dengan-penyanyi-asli
Fitur Karaoke Apple Music Sing (Sumber: Apple)
Penulis : Rizky Rahmansyah | Editor : Idham Saputra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perusahaan teknologi raksasa, Apple akan menghadirkan fitur baru untuk platform streaming musik mereka, Apple Music. Pengguna nantinya bisa berkaraoke lewat fitur Apple Music Sing.

Fitur ini direncakan muncul lewat pembaruan iOS 16.2 untuk perangkat iPhone 11 dan di model atasnya, iPad generasi ketiga dan model di atasnya, serta Apple TV 4K 2022.

Melalui fitur ini, pengguna bisa turut serta bernyanyi mengikuti lirik yang tersedia di aplikasi juga mengatur volume vokal dari lagu yang diputar. Terdapat beberapa jenis tampilan lirik lagu yang muncul mulai dari lirik lagu untuk penyanyi solo, duet hingga backing vokal (penyanyi latar).

Apple Music Sing nantinya akan memiliki empat fitur utama. Pertama adalah fitur "Adjustable Vocals" yaitu pengguna bisa mengontrol suara mereka selama bernyanyi. Pengguna juga dapat berkolaborasi dengan penyanyi aslinya seolah mereka sedang berduet atau sepenuhnya menyanyi solo.

Fitur kedua adalah "Real-time lyrics" agar pengguna dapat membaca lirik secara real time saat bernyanyi. Tampilan lirik akan disesuaikan dengan tempo lagu.

Fitur ketiga "Backsound Vocals" di mana suara latar (backsound) yang tersedia di musik juga akan muncul di tampilan lirik. Meski demikian, suara latar akan dimunculkan berbeda dengan lirik utama, agar memudahkan pengguna memahami dan menyanyikan suara latar tersebut.  

Fitur terakhir adalah "Duet View" yang memudahkan pengguna berduet. Ketika terdapat lebih dari satu penyanyi, tampilan lirik di perangkat akan dibuat terpisah dan berlawanan. Jadi masing-masing pengguna dapat mengetahui bagian yang harus dinyanyikan atau tidak.

Baca Juga: Elon Musk Girang Apple dan Amazon Kembali Beriklan di Twitter

Dikutip dari Apple.com, Wakil Presiden Apple Music dan Beats, Oliver Schusser mengatakan, pengalaman lirik pada Apple Music merupakan fitur yang cukup populer dan digemari. Apple pun melakukan upgrade dengan menghadirkan fitur karaoke ke Apple Music.

"Kami sudah tahu bahwa pengguna Apple Music di seluruh dunia suka mengikuti lagu favorit mereka. Jadi kami ingin mengembangkan penawaran ini lebih jauh untuk memungkinkan lebih banyak keterlibatan seputar musik dengan menyanyi. Ini sangat menyenangkan, pengguna kami akan menyukainya," katanya.

Apple Music Sing diluncurkan pada akhir Desember untuk mereka yang berlangganan Apple Music.



Sumber : Kompas TV/Apple.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.