Kompas TV religi beranda islami

I'tikaf, Mencari Keridhaan Allah SWT.

Kompas.tv - 14 Mei 2020, 21:24 WIB
i-tikaf-mencari-keridhaan-allah-swt
Berdoa (Sumber: https://images.app.goo.gl/JNa9wJqiX4LtyaVV7)
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - I'tikaf berasal dari bahasa Arab yang berarti menetap, mengurung diri atau terhalangi. Pengertiannya dalam konteks ibadah adalah berdiam diri di dalam masjid dalam rangka untuk mencari keridhaan Allah SWT.

Mengenai waktu, I'tikaf bisa dilakukan kapan saja, tetapi umumnya dilakukan saat 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Dalam Al Quran dijelaskan.

“Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: “Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i’tikaf, yang ruku’ dan yang sujud.” (Al Baqarah: 125).

Hadits dari Ummu al-Mukminin, ‘Aisyah radhiallahu ‘anhu, beliau mengatakan,

– –

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan hingga beliau wafat, kemudian para istri beliau beri’tikaf sepeninggal beliau.

I'tikaf pada dasarnya tidak wajib atau sunnah (mustahab), berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

».

“Sungguh saya beri’tikaf di di sepuluh hari awal Ramadhan untuk mencari malam kemuliaan (lailat al-qadr), kemudian saya beri’tikaf di sepuluh hari pertengahan Ramadhan, kemudian Jibril mendatangiku dan memberitakan bahwa malam kemuliaan terdapat di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Barangsiapa yang ingin beri’tikaf, hendaklah dia beri’tikaf (untuk mencari malam tersebut). Maka para sahabat pun beri’tikaf bersama beliau.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x