Kompas TV religi beranda islami

Kalam Hati - Menjaga Keberagaman

Kompas.tv - 28 April 2020, 03:30 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Sebuah artikel menarik diperlihatkan kepada Teman Hati tentang tradisi berbagi parkir Masjid Istiqlal untuk jemaat natal Kathedral. Kemudian Ustadz Tio pun bercerita mengenai riwayat saat Khalifah Umar bin Khatab sedang menghadiri undangan di sebuah gereja dan ketika itu sudah masuk waktu saat shalat, kemudian beliau dipersilahkan pihak gereja untuk melakukan shalat di dalam gereja itu kemudian beliau menyetujuinya namun beliau memilih untuk shalat diluar bangunan gereja.

Menilai kejadian diatas maknanya adalah kita sebagai umat islam haruslah hidup berdampingan secara damai seperti telah dicontohkan Rasul shallallahu alaihi wa sallam dalam Piagam Madinah yang berisi 47 pasal mengenai kesepakatan perjanjian yang dibangun diatas beberapa keyakinan seperti Islam, Nasrani, Yahudi, Majusi, penyembah bintang dan lain sebagainya.    

Begitupun saat berlangsungnya penaklukan kota Mekah oleh kaum Anshor dan Muhajirin, yang dihuni kaum kafir Quraish yang telah mendzalimi Nabi sebelumnya, Rasul dengan jiwa besar memaafkan seluruh pihak non muslim di kota itu hingga pada akhirnya terwujud sebuah harmonisasi kedamaian hidup bersama




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x