Kompas TV religi beranda islami

Begini Islam Ajarkan Hidup Sehat Khususnya Bagi Warga Kaum Urban

Kompas.tv - 26 April 2020, 20:01 WIB
Penulis : Herwanto

Manusia yang Rileks.

Tema yang sangat berhubungan kuat dengan kebiasan masyarakat terutama manusia urban yang selalu tegang, depresi, dan stres. Kecenderungan pola hidup yang sembarangan membuat manusia urban kehilangan keseimbangan. Ternyata akar dari semua itu adalah kehidupan yang tidak islami, yaitu pola hidup yang jauh dari tuntunan nabi.

Pola hidup yang baik dan nyaman adalah sebuah kebutuhan bagi manusia yang hidup di bumi. Khususnya manusia yang hidup sebagai masyarakat urban yang tinggal di kota besar. Cepatnya laju perkembangan kota besar membuat masyarakat urban dituntut untuk berpacu untuk kehidupannya. Salah satunya adalah pola tidur. Tidur adalah salah satu aktifitas yang menyenangkan. Saat tidur keadaan fisik kita akan menjadi tenang, rileks, dan bugar.

Selain mengontrol emosi dengan tidur yang berkualitas kita dapat bersemangat dan fokus dalam kehidupan sehari-hari. Selain gaya hidup, tingginya tuntutan pekerjaan dan aktifitas sehari-hari menjadikan pola tidur kita terganggu. Aktifitas tidur sangat personal karena berbeda pada individu. Tidur seseorang dipengaruhi oleh usia, pekerjaan dan temperamen.

Fakta bahwa orang yang berktifitas dengan otak memerlukan tidur yang lebih banyak daripada orang yang beraktifitas dengan fisik. Pola tidur yang tidak sehat dapat menyebabkan emosi yang tidak stabil, lelah dan berkurangnya kemampuan berpikir. Tidak sedikit yang mengidap penyakit tidur yang disebut insomnia.

Saat insomnia melanda, kita merasa lelah, tapi tidak ada perasaan mengantuk sama sekali. Sekalipun kita memejamkan mata untuk bisa tidur, berkhayal menghitung domba yang melompat, membaca buku, atau menonton tv sampai menenggak pil tidur hingga lebih dari 2 butir.

Rasa kantuk akan jadi sebuah anugerah bila dilanda insomnia. Namun ketika kantuk datang melanda, pagi hari sudah tiba. Ini bisa membuat jam biologi berantakan dan orang bisa lalai dengan tugas dan pekerjaannya. Kualitas hidup seseorang jelas dipengaruhi pola tidur yang baik dan sehat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x