Kompas TV religi agama

Katedral Jakarta Memperingati Paskah 2024 dengan Siluet Wayang

Kompas.tv - 28 Maret 2024, 21:04 WIB
katedral-jakarta-memperingati-paskah-2024-dengan-siluet-wayang
Ruangan Gereja Katedral Jakarta. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gereja Katedral Jakarta merayakan Hari Raya Paskah 2024 dengan suasana yang istimewa, yakni melalui dekorasi Siluet Wayang Paskah 2024.

Ini adalah perwujudan dari tema Paskah Solidaritas dan Subsidiaritas untuk Mewujudkan Kesejahteraan Bersama dalam Sukacita Paskah dan Keberagaman Nusantara.

Dalam keterangan resmi yang diterbitkan di Jakarta pada hari Kamis, pihak Gereja Katedral Jakarta mengumumkan bahwa dekorasi ini akan ditempatkan di halaman utama kompleks Gereja Katedral, termasuk di Plaza Maria dan Plaza Kristus Raja.

"Siluet Wayang Paskah 2024 merupakan pengejawantahan konsep bentukan wayang atau bayang yang dimodernisasi terbuat dari bahan metal, simbol dari peleburan tradisi Paskah, budaya Nusantara, dan kondisi kekinian," tulis keterangan tersebut.

Baca Juga: Polisi Sebut Pihak SPBU Bekasi Tak Tahu-menahu soal Bensin Campur Air: Mereka Sudah Sesuai SOP

Lebih lanjut, ini juga menunjukkan pentingnya menjaga relevansi tradisi dan budaya nenek moyang dengan perkembangan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Filosofi wayang atau bayang itu merangkum makna kesederhanaan, refleksi kehidupan, dan sebagai penunjuk jalan dalam kegelapan menuju terang bagi manusia.

"Plaza Maria ini juga berhiaskan dekorasi dari Betawi dan Dayak sebagai penanda lepas sambut status ibu kota negara yang akan berpindah dari Jakarta ke Nusantara," tambahnya dikutip dari Antara.

Dekorasi tersebut akan menggambarkan empat peristiwa penting dalam perayaan Paskah selama Pekan Suci.

Hal ini meliputi kedatangan Yesus di Kota Yerusalem saat Minggu Palma, ritual pencucian kaki para rasul pada Kamis Putih, penyaliban Yesus di Bukit Golgota, dan kebangkitan Yesus pada Minggu Paskah.

Selain mempersiapkan dekorasi yang indah, pihak Gereja Katedral Jakarta juga telah menyiapkan 2.700 kursi bagi jemaat yang akan menghadiri berbagai ibadah.

Yakni seperti Misa Krisma dan Misa Kamis Putih (28/3), Ibadat Jumat Agung (29/3), Misa Malam Paskah (Sabtu, 30/3), dan Misa Hari Raya Paskah (Minggu, 31/3).

Jadwal Lengkap Rangkaian Tri Hari Suci Paskah 2024 Keuskupan Agung Jakarta 68 Paroki bisa dicek di link berikut: LINK

Baca Juga: Menko Polhukam soal Serangan Teror di Moskow hingga Pengamanan Jelang Paskah dan Idulfitri




Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x