Kompas TV religi beranda islami

Doa Pembuka Rezeki untuk Usaha agar Mengalir dari Segala Penjuru, Bisa Dibaca di Pagi Hari

Kompas.tv - 23 Maret 2024, 04:05 WIB
doa-pembuka-rezeki-untuk-usaha-agar-mengalir-dari-segala-penjuru-bisa-dibaca-di-pagi-hari
Ilustrasi berdoa. Doa pembuka rezeki (Sumber: Istimewa/Tribunnews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebagai umat Islam, kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah dalam segara urusan, termasuk memohon untuk melancarkan rezeki dari segala penjuru.

Doa pembuka pintu rezeki bisa dibaca di pagi hari sebelum pergi bekerja atau sebelum membuka toko/usaha.

Dalam firman Allah Surat At Thalaq ayat 2-3, Allah akan menjamin rezeki hambanya yang bertawakal.

فَإِذَا بَلَغْنَ أَجَلَهُنَّ فَأَمْسِكُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ أَوْ فَارِقُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ وَأَشْهِدُوا۟ ذَوَىْ عَدْلٍ مِّنكُمْ وَأَقِيمُوا۟ ٱلشَّهَٰدَةَ لِلَّهِ ۚ ذَٰلِكُمْ يُوعَظُ بِهِۦ مَن كَانَ يُؤْمِنُ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۚ وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجْعَل لَّهُۥ مَخْرَجًا

Arab-Latin: fa iżā balagna ajalahunna fa amsikụhunna bima'rụfin au fāriqụhunna bima'rụfiw wa asy-hidụ żawai 'adlim mingkum wa aqīmusy-syahādata lillāh, żālikum yụ'aẓu bihī mang kāna yu`minu billāhi wal-yaumil-ākhir, wa may yattaqillāha yaj'al lahụ makhrajā.

Baca Juga: Doa Berpergian Jauh, Bisa Dibaca saat Berangkat Mudik untuk Memohon Keselamatan Sampai Tujuan

Artinya: Apabila mereka telah mendekati akhir iddahnya, maka rujuklah mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah diberi pengajaran dengan itu orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُۥٓ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمْرِهِۦ ۚ قَدْ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىْءٍ قَدْرًا

Arab-Latin: wa yarzuq-hu min ḥaiṡu lā yaḥtasib, wa may yatawakkal 'alallāhi fa huwa ḥasbuh, innallāha bāligu amrih, qad ja'alallāhu likulli syai`ing qadrā

Artinya: Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.

Melansir sumbarprov.go.id, menurut Ibnu Katsir, maksud potongan ayat “Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah” adalah dengan menjalankan seluruh perintahNya dan menjauhi laranganNya.

Bagian dari akhir ayat 2 dan seluruh ayat 3 dalam Surat At Thalaq ini disebut juga sebagai ayat seribu dinar.

Ayat seribu dinar diyakini tidak hanya mampu membuka pintu rezeki, namun juga meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Baca Juga: 5 Doa Selamat Dunia Akhirat Berbahasa Arab dan Artinya, Berikut Waktu Paling Baik untuk Membacanya

Doa Pembuka Rezeki Menurut Nabi Muhammad

Melansir artikel Kompas.tv, dalam hadis yang diriwayatkan Ibnu Umar terdapat sebuah doa Nabi Muhammad yang diajarkan kepada para sahabatnya ketika dalam kondisi sulit.

Doa ini bisa kita amalkan ketika kondisi terhimpit, agar rezeki tidak seret, dan dimudahkan jalan tersebut oleh Allah SWT.

بسم اللّه على نفسي ومالي وديني، اللّهمّ رضّني بقضاءك وبارك لي فيما قدّرلي حتّى لَا ٱحبَّ تعجِيلَ مَا أخّرت ولَا تأْخير ما عجّلتَ

Bismillahi ala nafsi wa mali wa dini. Allahumma Raddhini bi qada'ika, wa barik li fi ma quddira li hatta la uhibba ta’jila ma akhkharta wa la ta'khira ma 'ajjalta.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah atas diriku, hartaku dan agamaku. Ya Allah, jadikanlah aku orang yang rida, menerima atas ketetapanmu, serta berkahilah aku atas rezeki yang Engkau tentukan sehingga aku tak tergesa meminta sesuatu yang Engkau akhirkan, atau mengakhirkan sesuatu yang Engkau hendak percepat."

Doa Nabi Muhammad ini baiknya dibaca saat kita akan berangkat bekerja untuk mencari rezeki halal.

Jangan lupa memantapkan hati kita, yakin Allah SWT akan memberikan rezeki yang terbaik bagi kita dan keluarga kita. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x