Kompas TV religi beranda islami

Kumpulan Contoh Kultum Ramadan dan Khotbah Jumat Resmi dari Kemenag, Ini Link Unduh Format PDF

Kompas.tv - 11 Maret 2024, 14:54 WIB
kumpulan-contoh-kultum-ramadan-dan-khotbah-jumat-resmi-dari-kemenag-ini-link-unduh-format-pdf
Ilustrasi. Kumpulan kultum Ramadan dan khotbah Jumat (Sumber: Gemini Google)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi Anda yang sedang mencari contoh kultum Ramadan dan khotbah Jumat, Kementerian Agama (Kemenag) menyediakannya secara gratis.

Menjelang Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi, Kemenag merilis buku berjudul Syiar Ramadan Perekat Persaudaraan: Materi Kuliah dan Khutbah di Masjid dan Musala selama Ramadan.

Buku ini memuat sejumlah materi Kuliah Tujuh Menit (Kultum) Ramadan, Khotbah Jumat, serta Khotbah Idulfitri.

Baca Juga: Bacaan Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunah, Bisa Dilakukan Sebelum Puasa Ramadan atau Lebaran

Buku kultum Ramadan yang dirilis oleh Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin ini memuat pesan untuk memahami agama secara moderat, berperilaku dan bersikap moderat.

Kamaruddin mengatakan, hal itu senada dengan salah satu di antara program prioritas pemerintahan Jokowi-Ma'ruf adalah pengarusutamaan pemahaman, perilaku, dan sikap beragama yang moderat.

“Buku ini dihadirkan untuk memfasilitasi masyarakat. Kita berikan ini untuk dimanfaatkan. Tetapi, kita tidak bisa memaksakan ke masyarakat untuk memakai buku ini,” ujarnya saat membuka Catch the Moon Ramadhan Kareem: Edukasi, Simulasi, dan Visualisasi Hilal Awal Ramadhan 1445 H di Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam, Kemenag, Adib mengatakan, buku ini dihadirkan untuk memperkaya khazanah yang bisa digunakan para aktivis masjid dalam menyusun kurikulum kuliah Ramadan.

Baca Juga: Apakah Wajib Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadan? Ini Penjelasannya

“Kalau anda mau khotbah Jumat, mau mengisi kuliah Ramadan, baca buku ini untuk bisa menjadi bahan materi. Buku ini juga bisa dipakai oleh para aktivis masjid sebagai panduan dalam menyusun kurikulum kuliah Ramadan,” ungkap Adib.

Sebagai informasi, Kemenag melalui sidang isbat yang digelar Minggu (10/3) menetapkan 1 Ramadan 1445 jatuh pada Selasa (12/3).

Kultum Ramadan merupakan salah satu kegiatan yang umum dilakukan pada malam-malam Ramadan di masjid atau musala sebagai sarana untuk mengaji.

Buku contoh kultum Ramadan dan khotbah Jumat dari Kemenag tersebut bisa diunduh secara gratis dalam format PDF melalui tautan berikut.



Sumber : kemenag.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x