Kompas TV religi beranda islami

Bacaan Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunah, Bisa Dilakukan Sebelum Puasa Ramadan atau Lebaran

Kompas.tv - 11 Maret 2024, 13:27 WIB
bacaan-doa-ziarah-kubur-sesuai-sunah-bisa-dilakukan-sebelum-puasa-ramadan-atau-lebaran
Suasana warga berziarah jelang bulan puasa Ramadan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (21/3/2023). Doa ziarah kubur sesuai sunah (Sumber: TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Beberapa umat muslim melaksanakan ziarah kubur sebelum puasa Ramadan 2024.

Ziarah kubur pada dasarnya dapat dilakukan kapan saja, tidak harus pada waktu-waktu tertentu seperti menjelang puasa Ramadan atau Lebaran.

Tujuan dari ziarah kubur selain mendoakan bagi yang sudah meninggal, juga sebagai pengingat akan kematian dan akhirat.

Oleh karena itu, hukum ziarah kubur menjelang puasa Ramadan adalah boleh, selama dapat mengingatkan akan kehidupan setelah kematian.

حديث بريدة قال : قال رسول الله صلى الله علية وسلم :"قد كنت نهيتكم عن زيارة القبور فقد أذن لمحمد في زيارة قبر أمه فزورها فإنها تذكر الآخرة"رواة الترمذي (3/370)

Artinya, "Hadits dari Buraidah ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda “Saya pernah melarang berziarah kubur. Tapi sekarang Muhammad telah diberi izin untuk berziarah ke makam ibunya. Maka sekarang berziarahlah! karena hal itu dapat mengingatkan kamu kepada akhirat."

Baca Juga: Apakah Wajib Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadan? Ini Penjelasannya

Bacaan Doa Ziarah Kubur Menurut Rasulullah

Dilansir dari NU Online, Rasulullah saw mengajarkan doa yang hendaknya dibaca saat berziarah kubur.

Dalam Shahih Muslim dipaparkan bahwa setiap kali keluar rumah pada akhir malam menuju Baqi’ (makam para sahabat di Madinah yang kini menjadi makam Rasulullah sendiri), Rasulullah menyapa penduduk makam dengan kalimat berikut:

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ 

Assalâmu‘alaikum dâra qaumin mu’minîn wa atâkum mâ tû‘adûn ghadan mu’ajjalûn, wa innâ insyâ-Allâhu bikum lâhiqûn 

Artinya: Assalamu’alaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Tuhan yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian. 

Usai membaca salam ini, Rasulullah lalu menyambungnya dengan berdoa “Ya Allah, ampunilah orang-orang yang disemayamkan di Baqi’.”

Doa ini bisa kita ganti dengan memohonkan ampun kepada para ahli kubur tempat peziarah berkunjung. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, tata cara berziarah kubur menurut Rasulullah yaitu mengucapkan salam, mendoakan kebaikan bagi ahli kubur, dan menyadari bahwa peziarah pun suatu saat akan berbaring di dalam tanah.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Salat Tarawih 11 Rakaat Sendiri di Rumah dan Bacaan Doanya

Bacaan Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunah

Imam Nawawi dalam Al-Adzkâr mengatakan, para saat ziarah kubur disunahkan memperbanyak baca Al-Quran, dzikir, dan doa untuk penghuni kubur serta seluruh umat Islam yang telah meninggal dunia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x