Kompas TV religi beranda islami

Teks Khutbah Jumat Hari Ini 12 Januari 2024: Menyambut Bulan Rajab yang Penuh Kebaikan

Kompas.tv - 12 Januari 2024, 06:00 WIB
teks-khutbah-jumat-hari-ini-12-januari-2024-menyambut-bulan-rajab-yang-penuh-kebaikan
Ilustrasi khutbah salat Jumat. Berikut contoh teks Khutbah Jumat 12 Januari 2024 untuk menyambut bulan Rajab. (Sumber: bpkh.go.id)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Simak teks khutbah Jumat pada hari ini, Jumat (12/1/2024), untuk menyambut bulan Rajab.

Sebagai informasi, tanggal 1 Rajab 1445 H akan jatuh pada hari Sabtu (13/1/2024). Bulan Rajab merupakan salah satu dari empat bulan haram (Dzul Qa’dah, Dzul Hijjah, Muharram, dan Rajab), bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Maka dari itu, sebagai umat muslim, alangkah baiknya menyambut bulan Rajab yang penuh berkah ini.

Di bulan Rajab, banyak amalan yang bisa dilakukan seperti puasa, salat malam, hingga bersedekah.

Bagi umat muslim, khususnya pria, yang akan menjadi pengkhutbah di Salat Jumat hari ini, berikut contoh teks khutbah Jumat tentang menyambut bulan Rajab yang dilansir dari NU Online.

Baca Juga: Puasa Rajab 2024 Berapa Hari Lagi? Ini Jadwal, Niat dan Keutamaannya

Teks Khutbah Jumat 12 Januari 2024

Khutbah I

اَلْحَمْدُ للهِ، اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ فَضَّلَنَا بِشَهْرِ رَجَبَ، وَهُوَ الَّذِيْ اصْطَفَى نَبِيَّنَا مُحَمَّدًا ﷺ الْمُجْتَبَى الْمُؤَيَّد. اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمَ وَبَارِكْ وَتَرَحَّمْ وَتَحَنَّنْ عَلَى مَنْ بِهِ تُرْجَى شَفَاعَتُهُ يَوْمَ الْمَآبِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعِبَادِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمَبْعُوْثُ إِلَى سَائِرِ الْأَعَاجِمِ وَالْعَرَب. أما بعد

 فَيَا عِبَادَ اللهِ، أُوْصِيْنِىْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Jamaah Jumat yang berbahagia

Dari atas mimbar ini khatib berwasiat kepada jamaah Jumat sekalian dan khususnya kepada diri khatib pribadi, mari kita semua untuk selalu meningkatkan takwa kita kepada Allah swt dengan berusaha sekuat tenaga melaksanakan segala perintah-Nya serta menjauhi larangan-larangan-Nya.

Alhamdulillah, segala puji milik Allah swt. Dzat yang menciptakan kesehatan kepada kita semua, sehingga kita bisa berjumpa di masjid yang mulia ini dengan keadaan sehat wal afiat, jasmani maupun rohani. 

Dan semoga Allah mempertemukan kita dengan bulan yang mulia, Rajab, Sya'ban dan Ramadhan dengan rasa bahagia dan iman yang kuat di dalam hati.

Shalawat beserta salam tidak lupa tetap kita haturkan kepada junjungan kita nabi Muhammad saw. Nabi yang membawa umat manusia dari zaman jahiliah, kebodohan kepada zaman yang penuh iman, ilmu dan kebijaksanaan. 

Hadiri rahimakumullah

Rajab merupakan salah satu bulan yang mulia. Dari segi bahasa saja Rajab berasal dari kata "tarjib" yang berarti mulia dan agung. Karena saking mulianya, sehingga menjadikan Rajab sebagai bulan yang penuh rahmat, anugerah, dan kebaikan dari Allah swt.

Baca Juga: Niat Puasa Rajab Sekaligus Qadha Ramadan dan Senin Kamis, Ini Ketentuannya

Nabi Muhammad saw dalam memuliakan bulan Rajab sampai memanjatkan doa  sebagaimana diriwayatkan oleh Anas Ibn Malik dalam Musnad Ahmad:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allahumma baariklanaa fii rajaba wa sya'baana wa ballighnaa ramadlaana

Artinya: Ya Allah, semoga Engkau memberkahi kami pada bulan Rajab dan Sya'ban, semoga Engkau pertemukan kami dengan bulan Ramadhan.

Dari doa Nabi di atas, sangat jelas bahwa bulan Rajab menjadi bulan yang menjadi awal dari rangkaian terpenting ibadah umat Islam di seluruh dunia, yakni bulan suci Ramadhan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x