Kompas TV religi beranda islami

Bacaan Doa dan Selawat Maulid Nabi SAW Lengkap dengan Arab Latin dan Artinya

Kompas.tv - 16 September 2023, 11:22 WIB
bacaan-doa-dan-selawat-maulid-nabi-saw-lengkap-dengan-arab-latin-dan-artinya
Ilustrasi membaca selawat untuk Nabi Muhammad SAW (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bacaan doa Maulid Nabi SAW penting untuk diketahui menjelang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 28 September 2023 nanti.

Membaca doa Maulid Nabi serta selawat merupakan salah satu amalan sunah yang baik dikerjakan di bulan Maulid Nabi Muhammad.

Melantunkan selawat kepada Nabi Muhammad sebenarnya tidak terbatas pada saat Maulid Nabi saja, namun sebaiknya dilantunkan juga setiap hari.

Hal ini karena ada banyak keutamaan membaca selawat, sebagaimana tercantum dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani, Imam An-Nasai, dan Imam Al-Bazzar dari Abu Burdah bin Nayar

“Siapa yang bershalawat kepadaku dari umatku shalawat secara ikhlas dari hatinya, Allah SWT akan bershalawat untuknya 10 kali shalawat, menaikkan derajatnya 10 kali, mencatat untuknya 10 kali kebaikan, dan menghapuskan untuknya 10 keburukan.”

Baca Juga: Contoh Teks Pembawa Acara atau MC Maulid Nabi SAW versi Bahasa Jawa, Sunda dan Indonesia

Berikut ini beberapa selawat Nabi Muhammad yang baik dibaca saat Maulid Nabi.

1. Maulid Barzanji

Jemaah maulid berdiri dan membaca shalawat bersama-sama setelah pembacaan riwayat maulid oleh satu orang yang dianggap cakap membaca Kitab Barzanji atau Kitab Rawi. Berikut ini adalah lafal selawat Barzanji disertai dengan tulisan Arab latin dan terjemahannya.

Shallall hu ‘al Muhammad, sh llall hu ‘alayhi wasallam Marhaban y marhaban y marhaban, marhaban jaddal Husaini marhaban.

Allah bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW, Allah bershalawat dan mengucap salam sejahtera untuknya.

Selamat datang, selamat datang, selamat datang, selamat datang kakek dari Husain, selamat datang.

Y nab sal m ‘alayka, y ras l sal m ‘alayka Y hab b sal m ‘alayka, shalaw tull h ‘alayka

Wahai Nabi, salam sejahtera untukmu, wahai Rasul salam sejahtera untukmu Wahai Kekasih, salam sejahtera untukmu, shalawat (rahmat) Allah untukmu

Asyraqal badru ‘alayna, fakhtafat minhul bud ru Mitsla husnik m ra’ayn , qaththu y wajhus sur ri

Satu purnama telah terbit di atas kami, pudarlah jutaan purnama lain karenanya belum pernah kulihat seperti keelokanmu, wahai wajah yang gembira



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x