Kompas TV religi beranda islami

7 Alasan Pernikahan Beda Agama Dilarang dalam Islam yang Disusun Menjadi Fatwa MUI Sebelum Edaran MA

Kompas.tv - 19 Juli 2023, 19:17 WIB
7-alasan-pernikahan-beda-agama-dilarang-dalam-islam-yang-disusun-menjadi-fatwa-mui-sebelum-edaran-ma
Ilustrasi pernikahan. Bagi umat Islam, ada setidaknya 7 surat dalam Al-Qur'an yang melarang pernikahan beda agama. (Sumber: Freepik)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Surat Edaran Mahkamah Agung (MA) Nomor 2 Tahun 2023 tentang larangan pengadilan mengabulkan permohonan pernikahan beda agama pada Senin (17/7/2023) menjadi perbincangan hangat.

Bagi umat Islam, ada setidaknya 7 surat dalam Al-Qur'an yang melarang pernikahan beda agama.

Tujuh surat di dalam Al-Qur'an ini juga menjadi salah satu dasar Majelis Ulama Indonesia (MUI) membuat fatwa larangan perkawinan beda agama dengan nomor 4/MUNAS VII/MUI/8/2005 tentang Perkawinan Beda Agama.

Baca Juga: Mahkamah Agung Resmi Larang Pengadilan Kabulkan Permohonan Nikah Beda Agama

Ayat Al-Qur'an tentang Nikah Beda Agama

1. Al-Qur'an Surat An Nisa ayat 3

Bunyi Surat An Nisa ayat 3:

wa in khiftum allâ tuqsithû fil-yatâmâ fangki û mâ thâba lakum minan-nisâ'i matsnâ wa tsulâtsa wa rubâ‘, fa in khiftum allâ ta‘dilû fa wâ idatan au mâ malakat aimânukum, dzâlika adnâ allâ ta‘ûlû

Artinya:

“Jika kamu khawatir tidak akan mampu berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu menikahinya), nikahilah perempuan (lain) yang kamu senangi: dua, tiga, atau empat. Akan tetapi, jika kamu khawatir tidak akan mampu berlaku adil, (nikahilah) seorang saja atau hamba sahaya perempuan yang kamu miliki. Yang demikian itu lebih dekat untuk tidak berbuat zalim.”

2. Al-Qur'an Surat Ar Rum ayat 21

Bunyi Surat Ar Rum ayat 21:

wa min âyâtihî an khalaqa lakum min anfusikum azwâjal litaskunû ilaihâ wa ja‘ala bainakum mawaddataw wa ra mah, inna fî dzâlika la'âyâtil liqaumiy yatafakkarûn

Artinya:

Di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah bahwa Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari (jenis) dirimu sendiri agar kamu merasa tenteram kepadanya. Dia menjadikan di antaramu rasa cinta dan kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.

Baca Juga: Nikah Gratis tema HUT RI di Yogyakarta, Setelah Ijab Qobul Pengantin Lomba Makan Kerupuk dengan Tamu

3. Al-Qur'an Surat At Tahrim ayat 6

Bunyi Surat At Tahrim ayat 6:

yâ ayyuhalladzîna âmanû qû anfusakum wa ahlîkum nâraw wa qûduhan-nâsu wal- ijâratu ‘alaihâ malâ'ikatun ghilâdhun syidâdul lâ ya‘shûnallâha mâ amarahum wa yaf‘alûna mâ yu'marûn

Artinya:

Wahai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. Penjaganya adalah malaikat-malaikat yang kasar dan keras. Mereka tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepadanya dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

4. Al-Qur'an Surat Al Maidah ayat 5

Bunyi Surat Al Maidah ayat 5:



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x