Kompas TV religi agama

Matahari Tepat di Atas Ka'bah pada 15-16 Juli 2023, Saatnya Cek Arah Kiblat, Begini Caranya

Kompas.tv - 15 Juli 2023, 15:14 WIB
matahari-tepat-di-atas-ka-bah-pada-15-16-juli-2023-saatnya-cek-arah-kiblat-begini-caranya
Jemaah melakukan tawaf dengan mengelilingi Kabah di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Sabtu, 1 Juli 2023. (Sumber: AP Photo/Amr Nabil)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Fenomena matahari berada tepat di atas Ka'bah kembali terjadi pada hari ini, Sabtu (15/7/2023) dan besok, Minggu (16/7).

Kementerian Agama (Kemenag) pun mengimbau umat Islam di Indonesia untuk mengecek arah kiblat pada hari-hari tersebut.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib menyebut peristiwa ini juga sebagai istiwa a'zam atau rashdul kiblat.

Menurut penjelasannya, istiwa a'zam adalah saat di mana matahari yang berada tepat di atas Ka'bah sehingga membuat arah kiblat seakan searah dengan matahari.

Berdasarkan tinjauan astronomi atau ilmu falak, ketika fenomena matahari berada tepat di atas Ka'bah, arah kiblat pun akan searah dengan matahari, tepatnya pada pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA.

Hal tersebut ditandai dengan bayang-bayang benda tegak lurus yang akan membelakangi arah kiblat.

“Ini adalah waktu yang tepat bagi kita, umat Islam Indonesia untuk kembali mengecek arah kiblat,” kata Adib, Senin (10/7), dikutip dari laman Kemenag.

Ia menuturkan ada berbagai teknik yang dapat digunakan untuk memverifikasi arah kiblat, di antaranya menggunakan kompas dan teodolit.

Baca Juga: Kisah Mahasiswa UIN Ciptakan Qibla Box, Instrumen Robotik Penentu Arah Kiblat

Namun, umat Islam juga dapat memastikan arah kiblat dengan cara melihat arah bayangan benda. Tongkat dan lot atau bandul dapat digunakan untuk mengecek arah kiblat.

Cara Mengecek Arah Kiblat

Dikutip dari laman edukasi.sains.lapan.go.id, berikut cara mengecek arah kiblat:



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x