Kompas TV religi agama

Jadi Penentu Ibadah Haji, Hari Ini 9 Zulhijah 1444 H bertepatan 27 Juni 2023 Jemaah Wukuf di Arafah

Kompas.tv - 27 Juni 2023, 13:31 WIB
jadi-penentu-ibadah-haji-hari-ini-9-zulhijah-1444-h-bertepatan-27-juni-2023-jemaah-wukuf-di-arafah
Ilustrasi wukuf. Jemaah haji dari seluruh dunia melaksakan wukuf di Padang Arafah hari ini, Selasa (27/6/2023) (Sumber: kemenag.go.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jemaah haji di seluruh dunia, termasuk dari Indonesia mulai melaksanakan wukuf di Padang Arafah, Mekkah hari ini, Selasa (27/6/2023).

Diketahui, Wukuf di Arafah adalah salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan jemaah haji pada tanggal 9 Zulhijah, yang bertepatan pada Selasa (27/6/2023).

Wukuf merupakan ibadah puncak haji dan juga penentu, sehingga jika seseorang tidak melakukan wukuf, maka tidak sah hajinya.

Melansir laman uin-alauddin.ac.id, pada dasarnya wukuf dalam bahasa Arab diambil dari akar kata wakafa artinya berhenti.

Jadi, saat wukuf, jemaah haji diminta untuk sejenak meninggalkan aktivitas dunianya selama beberapa jam untuk merenung akan segala dosa, meminta ampunan kepada Allah SWT dan berdoa untuk segala hajat (kebutuhan) nya.

Baca Juga: Jamaah Haji Masuk Wukuf Hari Ini, Puasa Arafah 2023 Ikut Arab Saudi Atau Pemerintah Indonesia?

Dalam hadist HR. Abu Daud dari Abd. Al-Rahman bin Yu’mar al-Dailiy, bahwasanya Nabi saw. bersabda, yang artinya:

Haji itu adalah Wukuf di ‘Arafah, maka barangsiapa yang mengetahui (wukuf di ‘Arafah) pada malam ‘Arafah, hingga menjelang terbitnya Fajar dari malam berkumpulnya para jama’ah, maka sungguh hajinya telah sempurna.

Lokasi wukuf adalah di Padang Arafah, daerah terbuka dan luas di sebelah timur luar kota suci umat Islam di Mekkah, Arab Saudi.

Padang Arafah dijadikan tempat wukuf agar manusia mengingat awal mula fase kehidupan saat Nabi Adam dengan Siti Hawa ddipertemukan oleh Allah SWT setelah dipisahkan ketika diturunkan dari surga ke bumi.



Sumber : Kompas TV, NU Online, UIN Alauiddin


BERITA LAINNYA



Close Ads x